//

ANALISIS HUBUNGAN MISKONSEPSI PESERTA DIDIK DENGAN BUKU TEKS DAN MOTIVASI BELAJAR PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS LINTAS MINAT BIOLOGI SMAN DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YUSRIATI - Personal Name
SubjectSTUDY METHODS
BIOLOGY - TEACHING
MOTIVATION - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi peserta didik pada sistem ekskresi, sub konsep yang mengalami miskonsepsi dan hubungannya dengan buku teks serta motivasi belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 3, SMAN 4, SMAN 5, SMAN 12, dan SMAN 14 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 121 peserta didik kelas XI Lintas Minat Biologi dipilih secara purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes dilengkapi Certainty of Respon Index, lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan miskonsepsi yang dialami peserta didik SMAN 3 dan SMAN 4 masing-masing sebesar 27,00% dan 29,22% dikategorikan rendah, miskonsepsi peserta didik SMAN 5 dan SMAN 12 masing-masing sebesar 34,32% dan 37,05% dikategorikan sedang. Peserta didik SMAN 14 mengalami miskonsepsi 24,92% dikategorikan rendah. Sub konsep struktur dan fungsi organ ekskresi mengalami miskonsepsi tertinggi di empat SMAN, sedangkan sub konsep proses ekskresi mengalami miskonsepsi tertinggi di satu SMAN. Hasil uji korelasi untuk miskonsepsi peserta didik dengan buku teks diketahui SMAN 3 rh=0,971>rt=0,950; SMAN 4 rh=0,987>rt=0,950; SMAN 5 rh=0,959>rt=0,950; SMAN 12 rh=0,966>rt=0,950 dan SMAN 14 rh=0,954>rt=0,950. Hasil uji korelasi untuk miskonsepsi peserta didik dengan motivasi belajar diketahui SMAN 3 rh=0,016-0,267

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS MISKONSEPSI GURU DAN BUKU TEKS BIOLOGI KELAS XI SMAN PADA MATERI SISTEM SARAFRN DI KABUPATEN NAGAN RAYA (IRMA HIDAYATI, 2014)

ANALISIS MISKONSEPSI BUKU TEKS PELAJARAN BIOLOGI DAN HUBUNGANNYA DENGAN MINAT BACA SISWA PADA KELAS XI SMAN DI KOTA BANDA ACEH (Nurul Fajriana, 2016)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS GENDER TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI MAS BABUN NAJAH BANDA ACEH (LASRI, 2017)

HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SEBAGAI LINTAS MINAT KELAS XII MIPA SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Julita Winanda, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, MOTIVASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JAMUR DI SMA NEGERI 3 MEDAN (Salmaniah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy