//

PEMANFAATAN NET CITIZEN JOURNALIST DI NET TV OLEH MASYARAKAT DALAM MEMPROMOSIKAN KEARIFAN LOKAL INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Riska Iwantoni - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Pemanfaatan NET Citizen Journalist di NET TV oleh Masyarakat dalam Mempromosikan Kearifan Lokal Indonesia”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peluang citizen journalist dalam mempromosikan kearifan lokal daerah Indonesia di media NET TV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik purposive sampling untuk memilih informan. Kriteria informan pada penelitian ini adalah citizen journalist warga negara Indonesia yang sudah pernah mengirim video dan ditayangkan oleh media NET TV. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini memakai teori Uses and Gratification. Teori ini memusatkan perhatian pada kegunaan isi media untuk memperoleh gratifikasi atau pemenuhan kebutuhan. Ada 13 citizen journalist Indonesia yang diwawancara dalam penelitian ini, dan sebagai informan pendukung, juga diwawancarai produser dari pihak NET TV. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan media NET Citizen Journalist dapat membantu meningkatkan promosi daerah. Selain itu warga menjadikan wadah ini sebagai pekerjaan sampingan sebagai penyalur hobi dan kebanggaan atas karya sendiri. Kata Kunci: Citizen Journalist, Kearifan Lokal, NET TV

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGELOLAAN SUMBERDAYA PESISIR DAN LAUT MELALUI KEARIFAN LOKAL DI MUKIM MANE KECAMATAN MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA (Adli Waliul Perdana, 2016)

PENERAPAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT DI ERA GLOBALISASIRN(SUATU PENELITIAN DI DESA LAMPASEH KRUENG KECAMATAN MONTASIK ACEH BESAR) (Dessi Ulandari, 2014)

KEARIFAN LOKAL DALAM HIKAYAT PRANG COOMPEUNI (Rika Wahyuni, 2016)

HUBUNGAN KEARIFAN LOKAL DENGAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI DI MASYARAKAT ACEH BESAR (Hendri Ardian Fikri, 2018)

KEARIFAN LOKAL SMONG MASYARAKAT SIMEULUE DALAM KESIAPSIAGAAN BENCANA 12 TAHUN PASCA TSUNAMI (Rasli Hasan Sari, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy