//

PELAYANAN SISWA YANG MELANGGAR TATA TERTIB SEKOLAH (STUDI PADA SISWA SMP NEGERI KOTA BANDA ACEH). SKRIPSI. JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS SYIAH KUALA.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DESI ULANDARI - Personal Name
SubjectTEACHER
QUALITY
Bahasa Indonesia
Fakultas PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRGA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Penelitian yang berjudul pelayanan siswa yang melanggar tata tertib sekolah, akan membantu siswa agar lebih disiplin. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran jenis-jenis masalah pelanggaran tata tertib sekolah, pelayanan siswa yang melanggar tata tertib sekolah di SMP Negeri Kota Banda Aceh serta hambatan- hambatan yang dijumpai guru BK dalam melaksanakan pelayanan kasus dalam menangani siswa yang melanggar tata tertib sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah SMP Negeri 2, SMP Negeri 4, dan SMP Negeri 8 Kota Banda Aceh. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa masih terdapat pelanggaran tata tertib sekolah yang dilakukan berulang kali oleh siswa di SMP Negeri Kota Banda Aceh. Yaitu, merokok, membolos, berkelahi, dan membawa HP (bermain game online). Dalam menangani kasus pelanggaran tata tertib di sekolah, di ketahui bahwa guru BK menangani permasalahan melalui sejumlah tahap-tahap, yaitu memahami gambaran masalah, mempelajari latar belakang dan latar depan masalah dengan pengumpulan sejumlah data, usaha pencegahan dan pemecahan masalah, serta melibatkan pihak-pihak yang terkait. Dalam menangani kasus siswa yang melanggar tata tertib sekolah guru BK menghadapi sejumlah hambatan yaitu, guru BK kurang mampu menyesuaikan waktu dengan orangtua siswa, guru BK kurang mampu menyesuaikan waktu dengan kepala sekolah, kurang mampu memahami karakter siswa, sambutan orangtua siswa pada saat melakukan kunjungan rumah kadang-kadang kurang baik, ketidak hadiran orangtua saat di panggil ke sekolah, kurangnya kerjasama orangtua dengan guru BK, guru mata pelajaran kurang paham terhadap tanggung jawabnya masing-masing, guru mata pelajaran menangani masalah siswa tanpa bekerjasama dengan wali kelas dan guru BK, dan kepala sekolah kurang bekerjasama dengan pihak-pihak terkait (seperti, dinas kesehatan, depaq, kepolisian) dalam pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAYANAN SISWA YANG MELANGGAR TATA TERTIB SEKOLAH (STUDI PADA SISWA SMP NEGERI KOTA BANDA ACEH). SKRIPSI. JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS SYIAH KUALA. (DESI ULANDARI, 2018)

UPAYA GURU DALAM MENGATASI PERILAKU SISWA YANG MELANGGAR TATA TERTIB SEKOLAH DI MAN 3 BANDA ACEH (Leni Astika, 2017)

PARTISIPASI SISWA DALAM PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH (Munirayati, 2018)

UPAYA GURU BK DALAM MENANGANI SISWA YANG MELANGGAR TATA TERTIB SEKOLAH (SUATU PENELITIAN DI SMP NEGERI TAKENGON) (Raihan Fitri, 2016)

IMPLEMENTASI TATA TERTIB SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI GUE GAJAH ACEH BESAR (Elfi Yati Berutu, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy