//

TINGKAT KESAMAAN JENIS PAKAN GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) PADA HUTAN TERBUKA (OPEN FOREST) DAN HUTAN TERTUTUP (CLOSED FOREST) DI PUSAT LATIHAN GAJAH (PLG) SAREE, KABUPATEN ACEH BESAR TINGKAT KESAMAAN JENIS PAKAN GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) PADA HUTAN TERBUKA (OPEN FOREST) DAN HUTAN TERTUTUP (CLOSED FOREST) DI PUSAT LATIHAN GAJAH (PLG) SAREE, KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURUL A`LA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nurul A’la. 2018. Tingkat Kesamaan Jenis Pakan Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) pada Hutan Terbuka (Open Forest) dan Hutan Tertutup (Closed Forest) di Pusat Latihan Gajah (PLG) Saree, Kabupaten Aceh Besar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Abdullah, M.Si., (2) Devi Syafrianti, S.Pd., M.Si Kata Kunci: Gajah Sumatera, kesamaan jenis pakan, hutan terbuka, hutan tertutup Penurunan ketersediaan pakan hijauan akibat konversi lahan, terfragmentasinya hutan, perburuan gajah (illegal killing), dan konflik dengan manusia, menjadikan gajah sebagai hewan dengan status terancam punah. Kekurangan pakan seringkali terjadi di beberapa CRU di Aceh, mengingat gajah membutuhkan makanan sekitar 51 kcal dalam sehari. Hal ini sebanding dengan aktifitas gajah harian yang sebagian besar waktunya digunakan untuk makan (53%) selebihnya untuk bergerak (27%), istirahat (17%), berkubang (2%), menggaram (0%), dan minum (0%). Penelitan ini mengangkat masalah tentang bagaimana tingkat kesamaan jenis pakan Gajah Sumatera pada hutan terbuka dan tertutup, serta berapa jenis dan jumlah pakan tambahan gajah d PLG Saree. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesamaan jenis pakan Gajah Sumatera pada hutan terbuka dan hutan tertutup, serta mengetahui jenis dan jumlah pakan gajah tambahan di PLG saree. Subjek penelitian ini adalah tumbuhan yang dimakan oleh Gajah Sumatera. Metode penelitian yang digunakan adalah focal animal sampling. Analisis data menggunakan uji similaritas soronsen, dengan kriteria 50% indeks similaritas tinggi. Berdasarkan hasil penelitian pada hutan tertutup ditemukan sebanyak 33 spesies tumbuhan dari 12 familia, sedangkan pada hutan terbuka terdapat 53 spesies tumbuhan pakan dari 16 familia tumbuhan. Dengan demikian jumlah spesies yang sama pada kedua jenis habitat tersebut adalah sebanyak 24 spesies tumbuhan dengan IS = 55,81%. Angka ini dikategorikan indeks similaritas tinggi (IS > 50%). Sedangkan pakan tambahan yang diberikan di PLG hanya pelepah kelapa sebanyak 50 pelepah perhari. Jumlah ini dikategorikan kurang untuk kebutuhan pakan gajah dalam sehari. Disarankan penelitian ini terus dilanjutkan untuk kepentingan konservasi gajah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ESTIMASI POPULASI GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) BERDASARKAN METODE DEFEKASI DI KAWASAN HUTAN PEUNARON KABUPATEN ACEH TIMUR (Wahyu Hidayat, 2018)

DETEKSI KETON URIN GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) MENGGUNAKAN STRIP TEST DI PUSAT LATIHAN GAJAH SAREE ACEH BESAR (ERWANDA, 2016)

KADAR HEMOGLOBIN DAN HEMATOKRIT GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI PUSAT KONSERVASI GAJAH (PKG) SAREE, ACEH BESAR (ayu andella agustina, 2016)

PEMERIKSAAN KEBERADAAN TELUR DAN LARVA NEMATODA PASCA PEMBERIAN ANTHELMINTIK PADA GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI CONSERVATION RESPONSE UNIT (CRU) SAMPOINIET ACEH JAYA (Syafriza Harlianda, 2017)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ENTERIK PADA FESES GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI PUSAT KONSERVASI GAJAH (PKG) SAREE ACEH BESAR (Fadli Amri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy