//

PENGARUH PERBEDAAN SUHU TERHADAP KANDUNGAN MIKROBA DAN KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK IKAN ASAP

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT DYAH EKA FARADILA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Faradila, Cut Dyah Eka. Pengaruh Perbedaan Suhu terhadap Kandungan Mikroba dan Karakteristik Organoleptik Ikan Asap. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Iswadi, S.Pd., M.Si (2) Devi Syafrianti, S.Pd., M.Si Kata kunci: suhu, mikroba, organoleptik, ikan Setiap tahunnya produksi ikan tongkol di laut Aceh cukup tinggi, sehingga perlu teknik pengawetan ikan yang tepat, salah satunya dengan pengasapan. Teknik pengasapan yang selama ini dilakukan masyarakat masih bersifat tradisional. Teknik pengasapan terbaru adalah menggunakan asap cair hasil pirolisa. Namun, saat ini belum ada data tentang suhu, kandungan mikroba, dan karakteristik organoleptik ikan asap cair. Sehingga perlu dilakukan uji tentang hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan suhu terhadap kandungan mikroba dan karakteristik organoleptik ikan asap. Asap cair yang digunakan berasal dari tempurung kelapa. Jenis penelitian ini adalah eksperimental, dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari empat perlakuan dengan 6 kali ulangan. Kandungan mikroba dan karakteristik organoleptik dianalisis dengan dengan uji ANAVA. Dari hasil pengujian TPC didapat adanya perbedaan jumlah mikroba pada setiap perlakuan, dimana rata-rata dari ke empat perlakuan yaitu sebesar 20 CFU (P0), 35 CFU (P1), 85 CFU (P2), dan 32 CFU (P3). Dari hasil analisis jumlah mikroba diketahui bahwa Fhitung > Ftable (5,66 > 3,10). Sedangkan berdasarkan rata-rata hasil analisis pengujian karakteristik organoleptik ikan didapatkan hasil Fhitung > Ftable (14,21 > 3,10) pada parameter kenampakan, Fhitung > Ftable (7,13 > 3,10) pada parameter rasa, Fhitung > Ftable (23,33 > 3,10) pada parameter bau, Fhitung > Ftable (57,92 > 3,10) pada parameter tekstur, maka dapat disimpulkan bahwa suhu berpengaruh terhadap jumlah mikroba dan karakteristik organoleptk ikan asap.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PERENDAMAN LARUTAN KETUMBAR TERHADAP KADAR PROTEIN DAN KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK IKAN MUJAIR PANGGANG (Fania Hidayati, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN JAMBLANG (SYZYGIUM CUMINI) TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK DAN KANDUNGAN PROTEIN IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) (SARAH RIZKI, 2018)

JUMLAH CEMARAN MIKROBA DAN NILAI ORGANOLEPTIK IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS AFFINIS) (Ria Apriani, 2017)

PENGARUH EDIBLE COATING DARI KITOSAN DENGAN KONSENTRASI BERBEDA TERHADAP KEUMAMAH SELAMA MASA PENYIMPANAN (, 2018)

EFEK SUPLEMENTASI AKBISPROB PADA AYAM PETELUR TERHADAP TOTAL MIKROBA TELUR BERDASARKAN PERBEDAAN SUHU PENYIMPANAN (Rahmadia Fitri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy