//

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang KHAIRUN NISA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan menggunakan media grafis pada materi ekosistem terhadap motivasi dan hasil belajar siswa sma negeri kabupaten bireuen. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 24 Maret sampai 28 April 2018, menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Gandapura yang berjumlah 100 siswa, SMAN 1 Kutablang yang berjumlah 90 siswa dan siswa kelas X SMAN 1 Peusangan yang berjumlah 150 siswa. Total sampel penelitian berjumlah 134 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tesuntuk mengukur hasil belajar siswadan lembar angket siswa untuk melihat motivasi belajar siswa. Analisis data perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dengan eksperimen menggunakan uji independent samplet-test pada taraf signifikan 5%. Motivasi siswa dianalisis dengan nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukkanbahwa (1) hasil belajar siswa dengan t -hitung 12,80> t- tabel 1,66 pada taraf signifikan 5%. (2) motivasi siswa pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 3,07 pada kategori cukup baik, dan pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 2,15 pada kategori kurang baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan media grafis pada materi Ekosistem berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMA Negeri Kabupaten Bireuen. Kata Kunci: Problem Based Learning, Media Grafis, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN METAKOGNITIF SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN (MUHAMMAD RIFQI, 2019)

PENGARUH AKTIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI INTEGRAL TAK TENTU FUNSI ALAJABAR DI KELAS XI SMA LABORATORIUM UNSYIAH (Fitria Rahmita Sari, 2016)

PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) BERBASIS MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS SISWA, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN. (SRI NOVAYANTI, 2018)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI MAN BLANGPIDIE (Samsulimi, 2017)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PERISTIWA ALAM KELAS V SDN 56 BANDA ACEH (raudha hadi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy