//

KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA KELAS RENDAH DI SD NEGERI SEUMAYAM KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Renita Anggun Sutrisno - Personal Name
SubjectTEHNIQUES AND STUDY
Bahasa Indonesia
Fakultas PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRGA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Pengelolaan kelas adalah salah satu tugas guru yang tidak pernah ditinggalkan. Kelas merupakan tempat berlangsungnya proses pembelajaran. Proses belajar-mengajar akan terlaksana dengan baik, apabila guru sebagai seorang manajer mampu mengelola kelas secara baik pula. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan guru dalam pengelolaan kelas pada kelas rendah di SD Negeri Seumayam Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam pengelolaan kelas pada kelas rendah di SD Negeri Seumayam Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru wali kelas I, II, dan III di SD Negeri Seumayam Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian bersifat deskriptif. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan teknik observasi dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, peneliti memperoleh informasi bahwa guru telah melaksanakan/menerapkan komponen pengelolaan kelas, berupa penciptaan dan pemeliharaan iklim pembelajaran yang optimal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari 3 orang guru SD Negeri Seumayam Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya telah mampu mengelola kelas dengan baik. Guru juga terlihat aktif dan kreatif dalam menggabungkan komponen pengelolaan kelas dan keterampilan berhubungan dengan pengendalian kondisi belajar yang optimal.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 DARUL MAKMUR MENULIS DONGENG (Samsul Rizal, 2014)

KEMAMPUAN LEMPAR LEMBING PADA SISWA SMA NEGERI 3 DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Damharius, 2014)

KETERAMPILAN BERMAIN BOLA VOLI PADA SISWA SMP NEGERI 6 DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Marlina, 2014)

PERILAKU SADAR GIZI IBU RUMAH TANGGA DI DESA SERBAGUNA KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (Nova DianSari EkaNingsih, 2016)

PERBEDAAN KEMAMPUAN LARI JARAK PENDEK ANTARA MURID SD NEGERI UPT II SEUNEUAM DENGAN MURID SD NEGERI KARANG ANYER KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (ADHARI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy