//

ANALISIS TEGANGAN PADA BELOKAN PIPA MARINE BOIL OFF GAS MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAHMATSYAH MAKSUM R - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tugas akhir ini membahas tentang analisis tegangan pada belokan pipa marine boil off gas. Jalur pipa Marine Boil Off Gas (MaBOG) yang berfungsi untuk mengalirkan LNG BERTH-3 Unit 68 menuju Boil off gas compressor K-6801 yang akan digunakan sebagai bahan bakar pada pembangkit listrik PT. Pertamina Arun Gas. Saat ini kondisi jalur sistem perpipaan marine boil off gas mengalami pergeseran pada salah satu belokan pipa dari tumpuannya. Dalam mengatasi kegagalan pada sistem perpipaan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melihat besarnya nilai tegangan yang terjadi akibat kondisi pembebanan statik yang terdiri dari berat fluida nitrogen pada belokan pipa sebesar 3551,46 N dan berat pipa belokan sebesar 2281,4 N dan untuk melihat besar deformasi yang terjadi pada belokan pipa. Adapun metode penelitian ini dilakukan perhitungan secara analitik dan secara numerik menggunakan metode elemen hingga. Hasil simulasi menggunakan software ANSYS Fluent tekanan fluida menghasilkan distribusi tegangan pada dinding belokan pipa sebesar 3,35 Pa. Hasil simulasi ini membuktikan bahwa perhitungan simulasi sudah mendekati benar, karena nilai tegangan yang dihasilkan simulasi mendekati nilai hasil perhitungan tegangan analitik dengan nilai 3,94 Pa. Hasil simulasi kondisi laju aliran fluida sebesar 3,34 m/s. Hasil simulasi kondisi temperatur fluida sebesar 308,1 K atau setara dengan 34,95˚C. Berdasarkan hasil simulasi pada software ANSYS Structural hasil simulasi tegangan maksimum equivalent (Von-Mises) pada struktur belokan pipa sebesar 3,90 × 108 Pa, struktur tersebut dapat dikatakan aman karena masih dibawah tegangan maksimum yang diizinkan material yaitu sebesar 193 × 109 Pa. Hasil simulasi deformasi maksimum struktur belokan pipa sebesar 2,38 mm dan Hasil equivalent elastic-strain stress maksimum sebesar 2,02 mm terjadi pada inlet belokan pipa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGARUH DEFLEKSI PIPA TERHADAP FLANGE MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA PADA SISTEM PERPIPAAN KILANG ARUN LNG (Rizki Agustiar, 2016)

ANALISA HEAD LOSSES MAYOR DAN MINOR PADA SISTEM PEMIPAAN PENGOLAHAN AIR DI PDAM TIRTA MOUNTALA ACEH BESAR (Abu Bakar Sidik, 2017)

EVALUASI DESAIN TUTUP BEJANA TEKAN TIPE HEMISPHERICAL BERTEKANAN UDARA DENGAN METODE ELEMEN HINGGA DAN EKSPERIMENTAL (Asmanuzar, 2013)

ANALISIS KEGAGALAN PIPA BOILER HEAT RECOVERY STEAM GENERATOR (HRSG) PADA KILANG GAS (Faleri Armia, 2019)

PENGARUH MODEL SHEAR MODULUS TERHADAP HASIL ANALISIS PANEL BETON BERTULANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA NONLINIER (Ferina Rizkia, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy