//

INTERPRETASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN UNTUK MENGETAHUI ZONA KERUSAKAN JALAN DIKAWASAN ALUE NAGA, BANDA ACEH DENGAN METODE RESISTIVITAS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rozia Navatin - Personal Name

Abstrak/Catatan

Interpretasi struktur bawah permukaan menggunakan metode geolistrik resistivitas konfigurasi Wenner-Schlumberger telah dilakukan di Jalan Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendapatkan struktur dangkal bawah permukaan bedasarkan variasi nilai resistivitas dan melakukan interpretasi struktur bawah permukaan berdasarkan model yang telah didapatkan pada zona kerusakan jalan di lokasi penelitian. Nilai resistivitas diperoleh dengan cara diinjeksikan nilai kuat arus listrik (I) kebawah permukaan sehingga didapat nilai beda potensial (V) dari setiap lapisan bawah permukaan, kemudian dari kedua nilai tersebut dapat dihitung nilai resistivitas (Ωm).Pengukuran dilakukan dengan dua lintasan menggunakan 41 eletroda dengan panjang masing-masing lintasan 100 m dengan jarak antar elektroda 2,5 m. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software Res2Dinv untuk mendapatkan penampang 2D. Hasil yang didapatkan berupa nilai resistivitas dari 1,00-150,00 Ωm. Berdasarkan jenis tanah pada lokasi penelitian dapat dikategorikan menjadi tiga lapisan. Hasil interpretasi pada kedua lintasan menunjukkan bahwa struktur bawah permukaan pada lokasi penelitian tersusun dari lempung pasiran memiliki nilai resistivitas

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INTERPRETASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN DI SEKITAR TANGGUL SUNGAI KRUENG ACEH BERDASARKAN VARIASI NILAI RESISTIVITAS LITRIK (Haris Saputra, 2018)

APLIKASI METODE GEOLISTRIK POLE-DIPOLE UNTUK KAWASAN PANAS BUMI IE SEU-UM ACEH BESAR (Syahrul Hidayat, 2014)

INVESTIGASI BIDANG GELINCIR LONGSOR MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK (STUDI KASUS: JALAN GEUMPANG-MEULABOH, DESA LANCONG KECAMATAN SUNGAI MAS, KABUPATEN ACEH BARAT) (Indra Purnama, 2016)

IDENTIFIKASI KEDALAMAN DAN STRUKTUR LAPISAN BAWAH PERMUKAAN JEMBATAN LAMNYONG BANDA ACEH MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS 2D (Cut Putri Handayani, 2015)

ANALISA RESAPAN AIR DI BAWAH PERMUKAAN PONDASI TANGGUL MENGGUNAKAN METODE RESISTIVITAS 2D DI KRUENG ACEH (LAMNYONG), BANDA ACEH (Andri Abdilla, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy