//

ANALISIS KESELARASAN PENGGUNAAN LAHAN TAHUN 2017 BERDASARKAN RENCANA TATA RUANG WILAYAH TAHUN 2012-2032 DI KOTA LHOKSEUMAWE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ULFAYANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Ulfayani. 1305108010042. Analisis Keselarasan Penggunaan Lahan Berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah Tahun 2012-2032 Di Kota Lhokseumawe di bawah bimbingan Muhammad Rusdi sebagai ketua dan Syakur sebagai anggota. RINGKASAN Wilayah perkotaan merupakan pusat berbagai kegiatan penduduk yang bermata pencaharian non-agraris seperti permukiman, jasa, industri dan pendidikan, dimana daerah tersebut relatif dinamis, baik komposisi penduduk maupun kondisi struktur bangunan kotanya. Penggunaan lahan yang bersifat dinamis serta pertumbuhan jumlah penduduk mendorong untuk dilakukannya perencanaan dan pemantauan pemanfaatan ruang di suatu lokasi wilayah. Seiring dengan berjalannya waktu, Kota Lhokseumawe terus tumbuh dan berkembang, sehingga proses perubahan fungsi dalam penggunaan lahan terhadap Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) tidak dapat dihindarkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat keselarasan penggunaan lahan tahun 2017 terhadap RTRW Kota Lhokseumawe tahun 2012-2032. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan lahan Kota Lhokseumawe. Data yang digunakan meliputi data spasial dan data non spasial. Data spasial berupa google earth imagery tahun 2017 dan peta pola ruang Kota Lhokseumawe tahun 2012-2032, sedangkan data non spasial berupa berbagai literatur seperti jurnal ilmiah, skripsi, buku, thesis dan disertasi yang terkait dengan tema penelitian. Analisis data yang digunakan meliputi analisis data spasial dengan metode overlay (union) dan analisis atribut untuk perhitungan luas keselarasan penggunaan lahan Kota Lhokseumawe. Hasil penelitian menunjukkan luas penggunaan lahan yang selaras dengan RTRW Kota Lhokseumawe seluas 10.346,13 ha atau 71%, luas penggunaan lahan yang belum selaras adalah 3.135,19 ha atau 22% dan luas penggunaan lahan yang tidak selaras dengan arahan RTRW Kota Lhokseumawe tahun 2012-2032 adalah 1.047,11 ha atau 7% dari luas keseluruhan wilayah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGGUNAAN LAHAN EKSISTING BERDASARKAN RENCANA TATA RUANG DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Akbar Maulana, 2018)

ANALISIS PENGGUNAAN LAHAN EKSISTING BERDASARKAN RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) DI KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (Mirza Arbi, 2016)

ANALISIS PENGGUNAAN LAHAN EKSISTING BERDASARKAN RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (DESRA SAHPUTRA, 2017)

ANALISIS ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN DI KABUPATEN ACEH SELATAN (RISKI YUNIANDA, 2018)

ANALISIS NERACA PENGGUNAAN LAHAN DAN PERUBAHANNYA TERHADAP RENCANA TATA RUANG WILAYAH KABUPATEN PIDIE (Zulfajri, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy