//

ANALISIS KEGIATAN EKSTRA KURIKULER CABANG OLAHRAGA DI SEKOLAH MTS N TUNGKOP KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khairul Azmi - Personal Name
SubjectTEACHER EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Khairul Azmi, 2018. “Analisis Kegiatan Ekstrakurikuler Cabang Olahraga di Sekolah MTsN Tungkop, Kabupaten Aceh Besar”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Mansur, M. Kes (2) Maimun Nusufi, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Analisis, Kegiatan Ekstrakurikuler, Olahraga, MTsN Tungkop MTsN Tungkop merupakan salah satu Sekolah Menengah Pertama yang aktif menjalani kegiatan ekstrakurikuler dalam berbagai mata pelajaran salah satunya ialah cabang olahraga. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler olahraga sangat dipengaruhi oleh minat siswa, pelatih, waktu, pengurus, sarana prasarana dan sebagainya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler cabang olahraga di Sekolah MTsN Tungkop, Kabupaten Aceh Besar serta faktor yang mempengaruhi dan menghambat kegiatan tersebut Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang berisifat deskriptif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, pelatih, guru olahraga, pembina OSIS dan siswa. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data dilakukan dengan teknis deskriptif kualitatif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler cabang olahraga di MTsN Tungkop, Kabupaten Aceh Besar melibatkan berbagai unsur sekolah seperti kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, pengurus komite sekolah, koordinator ekstrakurikuler dan perwakilan dari OSIS. Jenis kegiatan ekstrakurikuler cabang olahraga yang terdapat pada MTsN Tungkop terdiri dari Tenis Meja, Badminton, Atletik, Volly Putri dan Volly Putra. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di MTsN Tungkop didukung oleh faktor pihak sekolah, sarana dan prasarana dan juga dorongan dari orang tua. Sedangkan kendala berupa jarak rumah siswa dengan sekolah begitu jauh, padatnya jadwal sekolah seperti ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ujian nasional, datangnya musim hujan yang membuat siswa tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tersebut.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANAN GURU PENDIDIKAN JASMANI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 SINABANG KABUPATEN SIMEULUE (safrizal, 2014)

PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA SMP NEGERI 1 BLANG PIDIE KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (MUHAMMAD SYAHRIL, 2018)

MINAT MURID SEKOLAH DASAR NEGERI SAWANG DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRA-KURIKULER OLAHRAGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Budi Darmawan , 2015)

PERSEPSI SISWA SMAN 1 SAMPOINIET KABUPATEN ACEH JAYA TERHADAP KEGIATAN EKSTRAKURIKULER (Romi Nandar, 2016)

TANGGAPAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PELAKSANAAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR NEGERI RNKECAMATAN PANTON REU ACEH BARAT (ZULKIFLI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy