//

KESULITAN DAN KEYAKINAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA MATERI ALJABAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FATHIYA SALSABILA - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
STUDY METHODS
MATHEMATICS - STUDY AND TEACHING
ALGEBRA - PRIMARY EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Fathiya Salsabila (2018). Kesulitan dan Keyakinan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Aljabar Kemampuan berpikir yang penting untuk tuntutan abad 21 adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi. Aspek afektif yang dapat mendorong kemampuan peserta didik adalah keyakinan (beliefs). Mengetahui keyakinan merupakan salah satu cara untuk memeriksa usaha peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan. Kenyataannya kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan dan keyakinan peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek diperoleh berdasarkan kesulitan dalam menyelesaikan soal C4, C5 dan C6 sehingga diperoleh lima subjek. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua instrumen yaitu pedoman wawancara dan angket keyakinan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik memiliki kesulitan dalam menyelesaikan soal HOTS dengan indikator menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi yaitu 1) kesulitan dalam memahami informasi dan pertanyaan yang diberikan, 2) kesulitan menemukan pola dan hubungan, 3) kesulitan dalam memanipulasi bentuk aljabar, 4) kekurangan materi prasyarat, 5) kesulitan dalam menyelesaikan persamaan yang telah dibuatnya, 6) kesulitan dalam memahami gambar yang berupa informasi 7) kesulitan dalam mempresentasikan gambar dalam bentuk simbol atau persamaan, 8) kesulitan dalam membedakan materi persamaan linier dua variabel dan sistem persamaan linier dua variabel. Peserta didik yang kesulitan menganalisis ternyata memiliki keyakinan yang berbeda pada indikator usaha dapat meningkatkan kemampuan matematika dan memahami konsep penting dalam matematika, peserta didik yang kesulitan mengevaluasi ternyata memiliki keyakinan yang berbeda pada indikator usaha dapat meningkatkan kemampuan matematika, masalah penting dalam matematika, dan memahami konsep penting dalam matematika. Semua peserta didik yang kesulitan dalam menyelesaikan soal HOTS meyakini bahwa soal matematika dapat diselesaikan walaupun dalam waktu yang lama. Implikasi kajian ini yaitu guru perlu membiasakan peserta didik menyelesaikan soal HOTS secara terintegrasi dalam pembelajaran. Hal tersebut dapat dilakukan melalui pembelajaran dengan strategi yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berpikir kritis dan kreatif. Kata kunci: Kesulitan, Keyakinan, Soal higher order thinking skills

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA TRENDS INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS) DI KELAS V SD NEGERI 51 BANDA ACEH (DELISMA SIREGAR, 2019)

KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS V SD NEGERI 26 BANDA ACEH (Meri Muliana, 2019)

KEMAMPUAN SISWA SMP SE-KOTA BANDA ACEH DALAM MENJAWAB SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (CUT NADIA SAHIRA, 2019)

KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PENGUKURAN DI KELAS V SD NEGERI 29 BANDA ACEH (Nurul Fizziah, 2019)

THE USE OF THINK PAIR SHARE (TPS) TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS' CRITICAL THINKING IN READING SKILL (RAHMA APRILIA ISA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy