//

KESULITAN DAN KEYAKINAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA MATERI ALJABAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FATHIYA SALSABILA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Fathiya Salsabila (2018). Kesulitan dan Keyakinan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Aljabar Kemampuan berpikir yang penting untuk tuntutan abad 21 adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi. Aspek afektif yang dapat mendorong kemampuan peserta didik adalah keyakinan (beliefs). Mengetahui keyakinan merupakan salah satu cara untuk memeriksa usaha peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan. Kenyataannya kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan dan keyakinan peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek diperoleh berdasarkan kesulitan dalam menyelesaikan soal C4, C5 dan C6 sehingga diperoleh lima subjek. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua instrumen yaitu pedoman wawancara dan angket keyakinan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik memiliki kesulitan dalam menyelesaikan soal HOTS dengan indikator menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi yaitu 1) kesulitan dalam memahami informasi dan pertanyaan yang diberikan, 2) kesulitan menemukan pola dan hubungan, 3) kesulitan dalam memanipulasi bentuk aljabar, 4) kekurangan materi prasyarat, 5) kesulitan dalam menyelesaikan persamaan yang telah dibuatnya, 6) kesulitan dalam memahami gambar yang berupa informasi 7) kesulitan dalam mempresentasikan gambar dalam bentuk simbol atau persamaan, 8) kesulitan dalam membedakan materi persamaan linier dua variabel dan sistem persamaan linier dua variabel. Peserta didik yang kesulitan menganalisis ternyata memiliki keyakinan yang berbeda pada indikator usaha dapat meningkatkan kemampuan matematika dan memahami konsep penting dalam matematika, peserta didik yang kesulitan mengevaluasi ternyata memiliki keyakinan yang berbeda pada indikator usaha dapat meningkatkan kemampuan matematika, masalah penting dalam matematika, dan memahami konsep penting dalam matematika. Semua peserta didik yang kesulitan dalam menyelesaikan soal HOTS meyakini bahwa soal matematika dapat diselesaikan walaupun dalam waktu yang lama. Implikasi kajian ini yaitu guru perlu membiasakan peserta didik menyelesaikan soal HOTS secara terintegrasi dalam pembelajaran. Hal tersebut dapat dilakukan melalui pembelajaran dengan strategi yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berpikir kritis dan kreatif. Kata kunci: Kesulitan, Keyakinan, Soal higher order thinking skills

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS VII PADA MATERI BENTUK ALJABAR DI MTSN 2 BANDA ACEH (Meny Rani, 2016)

DIAGNOSIS KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI ALJABAR DI KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Putri Inda Sari, 2016)

HASIL BELAJAR DAN KESULITAN SISWA DALAM MEMPELAJARI MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Irwitadia Hasibuan, 2014)

A CONTENT ANALYSIS OF ACTIVITIES IN ENGLISH TEXTBOOK "WHEN ENGLISH RINGS A BELL" (MEUTIA AMALIA PUTRI, 2018)

KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Badratun Nafis, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy