//

INFESTASI NEMATODA GASTROINTESTINAL PADA SAPI ACEH (BOS INDICUS) TIDAK BERTANDUK (KUPUNG) DAN SAPI ACEH (BOS INDICUS) BERTANDUK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ISWANDI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan melihat perbedaan prevalensi dan derajat infestasi nematoda gastrointestinal pada sapi aceh (Bos indicus) tidak bertanduk (kupung) dan sapi aceh (Bos indicus) bertanduk. Sampel yang digunakan berupa feses sapi segar yang diambil di penggembalaan bebas milik warga Kabupaten Aceh Besar. Sebanyak 60 sampel feses sapi dikategorikan dalam dua kelompok, yakni 30 sampel terdiri dari sapi aceh tidak bertanduk (kupung) muda-dewasa, dan 30 sampel lagi terdiri dari sapi aceh bertanduk muda-dewasa. Metode yang digunakan untuk melihat perbedaan telur cacing menggunakan metode McMaster dan Uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah telur nematoda sapi aceh kupung muda 53% (1.401 EPG), sapi aceh kupung dewasa 53% (1.667 EPG), sapi aceh bertanduk muda 40% (4.533 EPG), dan sapi aceh bertanduk dewasa 80% (2.667 EPG). Hasil uji T menunjukkan nilai P < 0,05 yang berarti derajat infestasi nematoda gastrointestinal menunjukkan perbedaan nyata sedangkan prevalensi memiliki nilai P > 0,05 sehingga tidak menunjukkan perbedaan nyata. Kata Kunci : sapi aceh, derajat infestasi, prevalensi, nematoda.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROFIL BIOKIMIA DARAH SAPI ACEH BETINA BERTANDUK DAN NIRTANDUK (KUPUNG) (FITRA RISNA YANTI, 2018)

PROFIL DARAH SAPI ACEH BETINA BERTANDUK DAN NIRTANDUK (KUPUNG) (SITI AISYAH, 2018)

MORFOMETRI DAN MORFOLOGI ORGAN REPRODUKSI BETINA SAPI ACEH (BOSINDICUS) (Muhammad Hadi Rizki, 2015)

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI PARASIT GASTROINTESTINAL TERNAK SAPI RAKYAT BERDASARKAN TINGKATAN UMUR DI KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE (Mulia Fitri, 2016)

PREVALENSI NEMATODOSIS GASTROINTESTINAL BERDASARKAN PERBEDAAN KETINGGIAN WILAYAH DAN JENIS KELAMIN RNPADA KAMBING LOKAL DI WILAYAH KRUENG RAYA RNDAN SAREE, ACEH BESAR (VINA SUPRAPTO PUTRI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy