//

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS V DI SD NEGERI 29 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang BARIATUL HASINA - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
MATHEMATICS - STUDY AND TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hasina, Bariatul. 2018. Analisis Kesulitan Siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika kelas V di SD Negeri 29 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Fauzi, M.Pd (2) Linda Vitoria, S.Si, M.Sc Kata Kunci : Analisis, Kesulitan Siswa, Soal Pemecahan Masalah Matematika Pemecahan masalah pada dasarnya adalah proses yang ditempuh seseorang untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya sampai masalah tersebut tidak lagi menjadi masalah baginya. Oleh sebab itu munculnya ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan masalah maka dapat dikatakan siswa memiliki kesulitan. Berdasarkan wawancara awal peneliti dengan guru kelas V di SD Negeri 29 Banda Aceh bahwa terdapat beberapa yang siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Hal ini berkaitan dengan memahami masalah, melakukan perencanaan, melaksanakan perencanaan, dan kesalahan lainnya dalam menentukan jawaban yang benar atau kesimpulan dari masalah tersebut. Penelitian ini mengangkat masalah apa saja kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika di kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika di kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualititatif dan jenis penelitian deskriftif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Va di SD Negeri 29 Banda Aceh. Siswa kelas Va di SD Negeri 29 Banda Aceh berjumlah 29 orang siswa, terdiri atas 11 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Hasil Penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa siswa kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh Mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Kesulitan tersebut adalah dalam mengunakan langkah-langkah penyelesaian masalah, kesulitan dalam peguasaan konsep secara benar, kesulitan dalam mengunakan data, kesulitan dalam mengartikan bahasa matematika, kesulitan dalam melakukan operasi hitung, dan kesulitan dalam menarik kesimpulan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL EVALUASI MATEMATIKA SEMESTER II KELAS VRNSD NEGERI 8 BANDA ACEH (fajarina, 2015)

ANALISIS STRATEGI PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KESEBANGUNAN DI KELAS IX SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2011/2012 (Ulil Rukmana, 2014)

PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SOAL PEMECAHAN MASALAH BANGUN DATAR DI KELAS VII SMP NEGERI 6 RSBI BANDA ACEH (Ulya Nabilla, 2014)

METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOA-SOAL TRIGONOMETRI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (mursyidah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy