//

KESULITAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI GUGUS 23 LAMBHEU KECAMATAN DARUL IMARAH ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang KIKI RAHMAT - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kiki Rahmat. 2018. Kesulitan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di Gugus 23 Lambheu Kecamatan Aceh Besar, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra Syarifah Habibah, M.Pd. (2) Mislinawati,S.Pd.I,M.Pd Kata kunci : Kesulitan guru, Pendidikan Agama Islam (PAI), Kurikulum 2013 Dalam penerapan kurikulum 2013, guru memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran yang dilaksanakan sehingga berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan nasional. Penelitian ini berupaya mengungkapkan Apa saja kesulitan yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam penerapan Kurikulum 2013 Di Gugus 23 Lambheu Kecamatan Darul Imarah Aceh Besar?. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam penerapan Kurikulum 2013 Di Gugus 23 Lambheu Kecamatan Darul Imarah Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 orang guru PAI yang terdiri dari 3 orang guru PAI SDN 1 Lambheu, 1 orang SDN 2 Lambheu, 1 orang SDN 1 Mata Ie, dan 1 orang SDN Gue Gajah. Selanjutnya data observasi dan wawancara diolah secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari data observasi dan wawancara Guru mengalami kesulitan merancang pembelajaran efektif dan bermakna, karena kurangnya pemahaman guru tentang kurikulum 2013, khususnya dalam perumusan rubrik penilaian dan pemberian kriteria keberhasilan. Guru PAI belum mempunyai persiapan yang cukup matang untuk Kurikulum 2013, Karena pelatihan yang diikuti hanyalah sekedar teori belum sampai pada tataran bagaimana konkrintnya di lapangan, sehingga guru kesulitan dalam penerapan kurikulum 2013. Bahan ajarnya sangat minim sehingga ada guru tidak mencari pada sumber yang lain dan penilaian tentang kurikulum masih sangat kurang. Hasil pencapaian KD masih sangat kurang, masih banyak anak-anak yang tidak mencapai nilai KKM, serta dalam pembuatan RPP masih sangat kurang, guru hanya mengubah tahunnya saja untuk setiap semester tidak memperbaharui RPP yang telah direvisi. Masih minim pendekatan atau strategi yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar, sehingga pembelajaran yang dilakukan sangat kaku, dan strategi yang di gunakan menggunakan model-model pembelajaran yang lama.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN GURU MENERAPKAN KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN DALAM PEMBELAJARAN IPA DI GUGUS XXIII SD NEGERI I LAMBHEU KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Lianitha B. Manalu, 2016)

KENDALA GURU DALAM PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SD NEGERI 1 LAMBHEU ACEH BESAR (IMAM MAULIANDA, 2018)

PENGGUNAAN MEDIA KIT PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM IPA DI SD GUGUS XXIV KECAMATAN DARUL IMARAH ACEH BESAR (ermlina, 2015)

PENERAPAN PENDIDIKAN NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB DALAM MATA PELAJARAN PJOK DI SD GUGUS 20 KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (MERRY PRATIWI SUKMA, 2018)

KENDALA GURU DALAM PENGISIAN RAPOR KURIKULUM 2013 GUGUS 23 SD NEGERI 1 LAMBHEU ACEH BESAR (Wan Reni Eka Fitri, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy