//

DESAIN LOCAL INSTRUCTION THEORY (LIT) MATERI PERBANDINGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SITI FATIMAH ZUHRA - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
TEACHING METHODS
INSTRUCTIONAL MATERIALS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Local Instruction Theory (LIT) materi perbandingan yang dikembangkan seharusnya dapat mengakomodir kebutuhan siswa sehingga tujuan pembelajaran tercapai dan siswa dapat membedakan antara perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel data, grafik, dan persamaan. Meskipun LIT materi perbandingan sudah ada, tapi LIT yang dihasilkan belum lengkap. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LIT materi perbandingan untuk meningkatkan pemahaman siswa di Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Design Research dalam dua siklus yang terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama yaitu tahap persiapan (preparing for the experiment) untuk merancang Hypothetical Learning Trajectory (HLT). Tahap kedua yaitu uji coba pada tahap teaching experiment. Tahap ketiga yaitu analisis retrospektif (retrospective analysis). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Banda Aceh yang terdiri dari 20 siswa kelas VII-8 sebagai subjek uji coba pada tahap pilot experiment dan 29 siswa kelas VII-7 sebagai subjek uji coba pada tahap teaching experiment. HLT yang telah dirancang divalidasi oleh beberapa validator dengan keputusan bahwa HLT layak untuk diujicobakan. Berdasarkan hasil uji coba siklus I dan dikembangkan lagi pada siklus II diperoleh tiga aktivitas pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami materi perbandingan. Hasil analisis retrospektif menunjukkan bahwa HLT yang telah dikembangkan dapat membantu siswa dalam memahami materi perbandingan. Selanjutnya HLT yang dapat membantu siswa dalam memahami materi perbandingan disebut sebagai LIT. LIT yang dihasilkan terdiri dari tiga aktivitas yaitu menemukan konsep perbandingan senilai menggunakan konteks resep timpan, menemukan konsep perbandingan berbalik nilai menggunakan konteks pembuatan timpan, dan menyelesaikan soal perbandingan menggunakan konteks kue tradisional. LIT yang telah diperoleh dapat dilanjutkan ke pengujian kepraktisan dan efektivitas untuk skala yang lebih luas. Kata kunci: Local Instruction Theory (LIT), Hypothetical Learning Trajectory (HLT), Pemahaman, Perbandingan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

A DESCRIPTION OF THE TEACHING OF SPEAKING AT THE ENGLISH DEPARTMENT OF UIN AR-RANIRY (Ayuna Netta, 2014)

PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN DESIMAL SISWA SEKOLAH DASAR (Erna Wirda, 2015)

PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI INTEGRAL (Desi Aria Mustika, 2019)

METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)

AN ANALYSIS OF TEACHER’S USE OF ENGLISH IN TEACHING MATHEMATICS (A CASE STUDY AT TEUKU NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH) (Muthia Kumala Dewi, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy