//

DESAIN LOCAL INSTRUCTION THEORY (LIT) MATERI PERBANDINGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SITI FATIMAH ZUHRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Local Instruction Theory (LIT) materi perbandingan yang dikembangkan seharusnya dapat mengakomodir kebutuhan siswa sehingga tujuan pembelajaran tercapai dan siswa dapat membedakan antara perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel data, grafik, dan persamaan. Meskipun LIT materi perbandingan sudah ada, tapi LIT yang dihasilkan belum lengkap. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LIT materi perbandingan untuk meningkatkan pemahaman siswa di Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Design Research dalam dua siklus yang terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama yaitu tahap persiapan (preparing for the experiment) untuk merancang Hypothetical Learning Trajectory (HLT). Tahap kedua yaitu uji coba pada tahap teaching experiment. Tahap ketiga yaitu analisis retrospektif (retrospective analysis). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Banda Aceh yang terdiri dari 20 siswa kelas VII-8 sebagai subjek uji coba pada tahap pilot experiment dan 29 siswa kelas VII-7 sebagai subjek uji coba pada tahap teaching experiment. HLT yang telah dirancang divalidasi oleh beberapa validator dengan keputusan bahwa HLT layak untuk diujicobakan. Berdasarkan hasil uji coba siklus I dan dikembangkan lagi pada siklus II diperoleh tiga aktivitas pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami materi perbandingan. Hasil analisis retrospektif menunjukkan bahwa HLT yang telah dikembangkan dapat membantu siswa dalam memahami materi perbandingan. Selanjutnya HLT yang dapat membantu siswa dalam memahami materi perbandingan disebut sebagai LIT. LIT yang dihasilkan terdiri dari tiga aktivitas yaitu menemukan konsep perbandingan senilai menggunakan konteks resep timpan, menemukan konsep perbandingan berbalik nilai menggunakan konteks pembuatan timpan, dan menyelesaikan soal perbandingan menggunakan konteks kue tradisional. LIT yang telah diperoleh dapat dilanjutkan ke pengujian kepraktisan dan efektivitas untuk skala yang lebih luas. Kata kunci: Local Instruction Theory (LIT), Hypothetical Learning Trajectory (HLT), Pemahaman, Perbandingan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DIKELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI LAMPEUNERUT (desi aulia purnama, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DIRECT INSTRUCTION PADA MATERI KPK DAN FPB PADA SUBTEMA SELALU BERHEMAT ENERGI DI KELAS IV SD NEGERI 62 BANDA ACEH (Debrina Yulista, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGANMENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN YANG TIDAK MENGGUNAKAN MODEL DI KELAS VIII PADA MATERI SENI TARI KREASI “NIRMALA” DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Lusiana, 2015)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN MATERI MINYAK BUMI TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMAN 6 BANDA ACEH (Ovi Arista Lubis, 2018)

PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN DESIMAL SISWA SEKOLAH DASAR (Erna Wirda, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy