//

PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TRIGONOMETRI DI SMA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NELLIANI - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
TEACHING METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nelliani (2018). Peningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning pada Materi Trigonometri di SMA. Kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa belum sesuai seperti yang diharapkan. Diperlukan upaya guru untuk membantu siswa menumbuhkan kedua kemampuan tersebut. Model pembelajaran discovery learning diharapkan dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa pada materi trigonometri melalui model discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian yaitu 10 siswa kelas X IPA SMAN 3 Seulimeum. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman matematis dan angket kemandirian belajar siswa. Selain itu untuk mendapatkan data pendukung, peneliti juga menggunakan pedoman wawancara dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa untuk melihat proses pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan diuraikan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi trigonometri dapat ditingkatkan melalui model discovery learning. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa yaitu 68.3% pada siklus I menjadi 71.7% pada siklus II. Hasil penelitian juga menunjukkan kemandirian belajar siswa pada materi trigonometri dapat ditingkatkan melalui model discovery learning. Hal tersebut terlihat dari adanya peningkatan kemandirian belajar dari siklus I sebesar 47.2% menjadi 50.6% pada siklus II, artinya sebagian besar siswa sudah memiliki kemandirian belajar yang baik. Oleh karena itu guru dapat menerapkan pembelajaran discovery learning pada materi trigonometri, terutama pada konsep-konsep yang sesuai dengan karakteristik model pembelajaran penemuan. Kata kunci: Kemampuan pemahaman matematis, Kemandirian belajar, Discovery learning

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING (Listika Burais, 2016)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (SAFRIDA, 2019)

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Zinatun Hayati, 2019)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH 8 (Ulfanuriza, 2018)

PENERAPAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENGATASI KESULITAN SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI 1 KABUPATEN GAYO LUES. (OESEA SATIVA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy