//

PERAN GURU DALAM PEMBERIAN PENGUATAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SDIK NURUL QURAN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Meti Herawati - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Herawati, Meti.2018. Peran Guru Dalam Pemberian Penguatan Terhadap Hasil Belajar Siswa di SDIK Nurul Quran Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syah Kuala. Pembimbing: (1) Mislinawati, S.Pd.I, M.Pd., (2) Drs. M. Husin Affan, M.Pd. Kata Kunci:penguatan , hasil belajar Dalam konteks peran guru dalam pemberian penguatan, guru harus memiliki kemampuan untuk meningkatkan kreativitas diri dalam pembelajaran. karena dalam melaksanakan pembelajaran guru tidak cukup hanya berbekal materi pelajaran yang disampaikan melainkan harus bisa mengelola pelajaran dengan baik dan hasil belajar siswa akan meningkat melaui pemberian penguatan verbal maupun non verbal. Untuk melihat hasil belajar maka memerlukan tes supaya hasil belajar bisa diketahui Penelitian ini mengungkapkan peran guru dalam pemberian penguatan terhadap hasil belajar siswa di SDIK Nurul Quran Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru dalam pemberian penguatan terhadap hasil belajar siswa di SDIK Nurul Quran Aceh Besar. Pendekatan yng digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru kelas IV dan kelas V, kelas IV yang berjumlah 27 siswa dan kelas V 25 siswa di SDIK nurul Quran Aceh Besar. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik observasi untuk melihat gambaran dari yang diteliti, wawancara agar data yang diperoleh lebih akutat dan tes dilakukan untuk melihat hasil belajar siswa . Seluruh data yang terkumpul diolah dengan tahap analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari seluruh data. Hasil penelitian ini dikemukakan bahwa masih ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan dan mengalami kebosan dalam proses pembelajaran, siswa kurang semangat di dalam pembelajaran dan penguatan yang diberikan oleh guru tidak merata sehingga perlu diberikan penguatan verbal maupun non verbal supaya meningkatkan hasil belajar siswa yang afektif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ENGLISH LANGUAGE TEACHING FOR YOUNG LEARNERS: A CASE STUDY AT NURUL QURAN CHARACTER BASED ISLAMIC SCHOOL ACEH BESAR (Nurasiah, 2018)

PERBANDINGAN KARAKTER ANTARA SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM KARAKTER NURUL QUR’AN DAN SEKOLAH DASAR NEGERI UNGGUL LAMPENEURUT ACEH BESAR (Apriliani Agustini, 2018)

PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MAN 3 BANDA ACEH (Darmawan, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) OLEH GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN UNGGUL LAMPEUNEURUT ACEH BESAR (Nur Achiar, 2015)

PERAN GURU DALAM PEMBERIAN PENGUATAN NILAI-NILAI NASIONALISME PADA SISWA MTSN GLUMPANG MINYEUK KABUPATEN PIDIE (Rifka Fitrian, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy