//

ANALISIS TINGKAT KELAYAKAN PROSES EVAKUASI TSUNAMI DI KECAMATAN KUTA ALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Enny Irmawati Hasan - Personal Name
SubjectTSUNAMIS - SOCIAL SERVICES
DISASTERS - SOCIAL SERVICES
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Ilmu Kebencanaan Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Kecamatan Kuta Alam merupakan salah satu Kecamatan yang termasuk daerah rawan bencana tsunami, 8 dari 11 gampong di Kecamatan Kuta Alam merupakan daerah dengan tingkat risiko yang tinggi hingga sedang. Strategi utama untuk dapat mengurangi risiko bencana adalah dengan mengurangi korban jiwa, yaitu dengan cara mengevakuasi penduduk di daerah yang rawan sebelum gelombang tsunami tiba di daerah tersebut. Kelayakan jalur evakuasi dan bangunan evakuasi alternatif dinilai berdasarkan skoring. Dari penilaian kelayakan jalur dan bangunan evakuasi, dapat ditentukan ruas jalan yang dapat digunakan sebagai lintasan jalur evakuasi. Gampong Lampulo bangunan evakuasi yang disarankan adalah Masjid Al Mukarramah dan SMKN 4 Banda Aceh, jumlah ruas jalan yang digunakan untuk mengakses bangunan tersebut sebanyak 6 ruas jalan, dimana 3 bernilai sangat layak, dan 3 lainnya bernilai layak. Gampong Lamdingin dengan bangunan evakuasi yang disarankan adalah Masjid Al-Abrar, SD Neg 45, dan Pesantren Inshafuddin, jumlah ruas jalan yang digunakan untuk mengakses bangunan tersebut sebanyak 11 ruas jalan, 1 bernilai sangat layak, dan 10 bernilai layak. Gampong Lambaro Skep dengan bangunan evakuasi yang disarankan adalah Pesantren Inshafuddin dan Masjid Al-Makmur, jumlah ruas jalan yang digunakan untuk mengakses bangunan tersebut sebanyak 8 ruas jalan, 2 bernilai tidak layak, dan 6 lainnya bernilai layak. Gampong Mulia dengan bangunan evakuasi yang disarankan adalah Masjid Al-Anshar, SMK SMTI, dan SD Neg 20. Jumlah ruas jalan yang digunakan untuk mengakses bangunan tersebut sebanyak 8 ruas jalan yang semuanya bernilai layak. Gampong Peunayong dengan bangunan evakuasi yang disarankan adalah Masjid Muttaqin dan SMP Neg 9, jumlah ruas jalan yang digunakan untuk mengakses bangunan tersebut sebanyak 2 ruas jalan yang semuanya bernilai layak. Gampong Laksana dengan bangunan evakuasi yang disarankan adalah Masjid Al-Huda dan SD Neg 36, jumlah ruas jalan yang digunakan untuk mengakses bangunan tersebut sebanyak 7 ruas jalan, 2 bernilai sangat layak dan 5 bernilai layak. Gampong Keuramat dengan bangunan evakuasi yang disarankan adalah Masjid Al-Ikhlas dan SMA Safiatuddin, jumlah ruas jalan yang digunakan untuk mengakses bangunan tersebut sebanyak 10 ruas jalan, 2 bernilai sangat layak dan 8 bernilai layak. Gampong Keuramat dengan bangunan evakuasi yang disarankan adalah Masjid Al-Makmur, Masjid Ar-Rahman SD Kartika XIV, dan Masjid Al Fithra Asrama PHB Lamprit dengan jumlah ruas jalan yang digunakan untuk mengakses bangunan tersebut sebanyak 5 yang semuanya bernilai layak.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS TINGKAT KELAYAKAN PROSES EVAKUASI TSUNAMI DI KECAMATAN KUTA ALAM (Enny Irmawati Hasan, 2018)

PERANCANGAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI MENGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (STUDI KASUS KECAMATAN PEUKAN BADA) ACEH BESAR (Rukkaan Sujjada, 2018)

KAJIAN JALUR EVAKUASI DAN TITIK EVAKUASI BENCANA GEMPABUMI BERPOTENSI TSUNAMI ( STUDI KASUS KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH ) (Zainal Abidin, 2013)

KAJIAN JALUR EVAKUASI BENCANA GEMPA BUMI BERPOTENSI TSUNAMI BERBASIS MASYARAKATRN(STUDI KASUS KECAMATAN KUTA ALAMRNKOTA BANDA ACEH ) (Wildan Seni, 2014)

PEMETAAN LOKASI DAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA DI KECAMATAN KOTA SIGLI KABUPATEN PIDIE (HUSNA MAULIDA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy