//

PENGEMBANGAN QUIET BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS KEBUDAYAAN ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SUHAILA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Suhaila. 2018. Pengembangan Quiet Book Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini Bebasis Kebudayaan Aceh. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: 1) Dr. Anizar Ahmad, M. Pd. 2) Saptiani, M. Pd. I. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Quiet Book, Kebudayaan Aceh Penggunaan suatu media pembelajaran dalam mengenalkan kebudayaan Aceh di dalam pendidikan anak usia dini merupakan unsur penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan dengan adanya bantuan media, upaya pengenalan kebudayaan lokal tersebut akan menjadi lebih menarik dan mudah diterima oleh anak. Namun saat ini ketersediaan media pembelajaran dalam mengenalkan suatu kebudayaan lokal bagi anak usia dini masih sangat terbatas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa Quiet Book Berbasis Kebudayaan Aceh untuk anak usia dini. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, studi literatur dan juga lembar angket validasi dari ahli media dan ahli materi. Pengembangan konsep awal pada penelitian ini terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan dan juga pengembangan. Pada tahap pengembangan dilakukan uji validitas produk oleh ahli media dengan pemerolehan skor sebesar 79% (layak) dan skor penilaian oleh ahli materi sebesar 86% (sangat layak). Kemudian setelah dilakukannya revisi terhadap media Quiet Book berbasis kebudayaan Aceh, diperoleh persentase skor penilaian dari ahli media sebesar 85% (sangat layak) dan persentase skor validasi dari ahli materi sebesar 95% (sangat layak). Dengan demikian, berdasarkan hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi dapat disimpulkan bahwa produk media Quiet Book berbasis kebudayaan Aceh sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi anak usia dini dalam mengenalkan kebudayaan lokal Aceh. Selanjutnya peneliti akan melanjutkan tahap uji coba terhadap produk media Quiet Book berbasis kebudayaan Aceh ini sehingga dapat dikembangkan dan disebarluaskan untuk kepentingan pembelajaran anak usia dini.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERTEMAKAN PAHLAWAN ACEH UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI (MUTMAINNAH, 2018)

OPTIMALISASI PEMBELAJARAN DENGAN E-BOOK DAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIARN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RNSISWA KELAS X SMA PADA MATERIRN DUNIA TUMBUHAN (NURLIA ZAHARA, 2014)

PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PUZZLE DI PAUD BUNGONG TANJUNG LAMTIMPEUNG ACEH BESAR (Nurul Jannah, 2016)

PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF HIJAIYAH UNTUK MELEJITKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI PADA TK ISLAM TERPADU SULOH KOTA BANDA ACEH (IRDA RAFIKA, 2016)

PENERAPAN MEDIA KARTU KOSAKATA DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TK FKIP UNSYIAH BANDA ACEH (Ultari Ningsih, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy