//

KAJIAN SISTEM PENGERINGAN IKAN DENGAN METODE HYBRID (ENERGI SURYA DAN ENERGI BAHAN BAKAR GAS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Hatta - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sistem Pengeringan dengan metode hybrid merupakan sistem pengeringan yang menggunakan dua atau lebih sumber energi untuk proses penguapan air. Pengering hybrid pada penelitian ini menggunakan sumber energi matahari dengan bantuan solar kolektor dan energi bahan bakar gas. Penelitian ini merupakan alternatif teknologi untuk kasus pengeringan ikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan temperatur udara panas ruang pengering hybrid, melakukan optimalisasi waktu pengeringan dan menghitung kadar air pada ikan. Penelitian ini dilakukan di halaman Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. Hasil pengukuran temperatur tertinggi ruang pengering tanpa bahan/ikan dengan menggunakan kolektor surya adalah 43 oC dengan intensitas cahaya matahari tertinggi 915 W/m2, setelah menggunakan metode hybrid temperatur tertinggi ruang pengering dengan kondisi ada bahan/ikan meningkat sampai 67 oC dengan intensitas cahaya matahari tertinggi 908 W/m2. Pengeringan menggunakan energi hybrid relatif lebih singkat yaitu 8,5-13 jam sedangkan pengeringan secara tradisional membutuhkan waktu selama 3 hari dengan kondisi cuaca cerah dan intensitas cahaya matahari yang tinggi. Tingkat penguapan kadar air mencapai 30,25% - 38,18 % untuk ikan karang/ikan kakap merah, dan 53,30% - 57,13% untuk ikan teri. Kata kunci: Pengering Hybrid, Kadar Air, Temperatur, Kolektor Surya dan Energi Bahan Bakar Gas

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MODIFIKASI DAN UJI KINERJA ALAT PENGERING ENERGI SURYA-HYBRID TIPE RAK UNTUK PENGERINGAN IKAN TERI (RISMAN HANAFI, 2016)

PENINGKATAN KINERJA MESIN PENGERING HYBRID MELALUI MODIFIKASI TUNGKU BIOMASSA UNTUK PENGERINGAN IKAN TONGKOL (EUTHYNUS AFFINIS) (Makmur Munandarsyah, 2018)

RANCANG BANGUN ALAT PENGERING HYBRID TIPE RAK DENGAN SUMBER ENERGI MATAHARI DAN BIOMASSA (Zarida, 2015)

STUDI SISTEM PENGERINGAN IKAN DENGAN ENERGI HIBRID (ENERGI MATAHARI DAN ENERGI BAHAN BAKAR) (arief zaini, 2015)

KAJIAN PENGGUNAAN ENERGI BAHAN BAKAR UNTUK PROSES PENGERINGAN KEUMAMAH (Rahmat Rezal, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy