//

PENENTUAN SUDUT KEMIRINGAN OPTIMUM PEMASANGAN PANEL SURYA DI DAERAH PESISIR ACEH BARAT BERDASARKAN NILAI RADIASI MAKSIMUM TAHUNAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang T. M. Azis Pandria - Personal Name

Abstrak/Catatan

Jumlah radiasi matahari yang diterima panel surya sangat dipengaruhi oleh orientasi dan sudut kemiringan. Kedua faktor tersebut mempengaruhi jumlah total radiasi yang dapat diterima panel surya. Menempatkan panel surya pada sudut kemiringan optimum adalah cara mendapatkan radiasi maksimal. Penelitian ini bertujuan menentukan sudut kemiringan optimum panel surya di wilayah pesisir Aceh Barat, khususnya pada lokasi Johan Pahlawan (4.152 LU, 96.131 BT), Samatiga (4.211 LU, 96.040 BT), dan Meureubo (4.144 LU, 96.198 BT). Model isotropic sky Liu dan Jordan digunakan untuk mendapatkan nilai total radiasi pada permukaan sudut miring yang dihitung menggunakan data radiasi rata – rata selama 22 tahun dari 1983 – 2005 yang disediakan NASA SSE. Hasil penelitian menyatakan sudut kemiringan optimum panel surya pada tiga lokasi di wilayah pesisir Aceh Barat adalah 5° dengan orientasi menghadap selatan. Nilai total radiasi pada sudut kemiringan 5° untuk lokasi Johan Pahlawan 149,033 kWh/tahun, Samatiga 147,437 kWh/tahun, dan Meureubo 146,648 kWh/tahun. Simulasi energi keluaran menggunakan 1 unit panel surya daya 75 Wp pada sudut 5° menggunakan software PVsyst menghasilkan nilai sebesar 2629 kWh/tahun di Johan Pahlawan, 2728 kWh/tahun di Samatiga dan 2632 kWh/tahun di Meureubo. Kata kunci: NASA, Sudut optimum, Radiasi matahari, Panel surya, Aceh Barat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SISTEM DUAL TRACKING PANEL SURYA DENGAN MENGGUNAKAN PHOTOTRANSISTOR (MUJIBURRAHMAN, 2016)

STUDI PRAKIRAAN BEBAN DAN POTENSI PEMANFAATAN PV UNTUK MENGURANGI BEBAN PUNCAK DI PENYULANG UNSYIAH MENGGUNAKAN ANN (Muhammad Ridha Munawar, 2017)

ANALISIS OPTIMASI SISTEM PEMASANGAN SOLAR CELL SEBAGAI SUMBER DAYA PENERANGAN JALAN UMUM (PJU-TS) DI KOTA BANDA ACEH (Purnama Juanda, 2018)

DESAIN SISTEM MAXIMUM POWER POINT TRACKER (MPPT) PADA SISTEM PHOTOVOLTAIC (PV) MENGGUNAKAN METODE HILL CLIMBING (Azhar Gunawan, 2015)

STUDI PENERAPAN SISTEM BUILDING INTEGRATED PHOTOVOLTAICS (BIPV) PADA RANCANGAN RUMAH MINIMALIS DI KOTA BANDA ACEH (Zoel Fachri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy