//

MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DI MAN MODEL BANDA ACEH DAN SMU ABULYATAMA ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SUPARTA RASYID - Personal Name

Abstrak/Catatan

MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DI MAN MODEL BANDA ACEH DAN SMU ABULYATAMA ACEH BESAR Oleh : Suparta Rasyid NPM : 1609200050056 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd 2. Dr. Bahrun, M. Pd ABSTRAK Dalam pelaksanaan manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru, dan program kepala sekolah yang mana hal ini sangatlah penting untuk dilakukan terutama dalam prencanaan program kepala sekolah agar tujuan dari sekolah itu sendiri lebih terarah dan efesien baik dalam waktu maupun tujuan dari pendidikan itu sendiri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: perumusan program, pelaksanaan manajemen, dan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam menjalankan manajemen dalam meningkatkan profesional guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, MGMP, komite sekolah, pengawas, dan guru-guru berprestasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Program kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru, mekanisme perumusannya diawali dengan pelaksanaan musyawarah antara pemangku kepentingan sperti wakil kepala sekolah, Ketua MGMP, Komite sekolah, pengawas, dan guru-guru berprestasi. Program-program yang disusun, program jangka panjang, menengah dan jangka pendek, dan semua program ini berpedoman kepada peraturan KEMENDIKBUD dan petunjuk dari dinas pendidikan Provinsi Aceh. Semua ini sudah ada dalam manajemen kepala sekolah yang tertuang di dalam program kepala sekolah untuk meningkatkan profesional guru; 2) kepala sekolah melaksanakan manajemen kepala sekolah untuk meningkatkan profesional guru dengan cara kepala sekola menerapkan manajemen itu kepada diri sendiri sebagai contoh untuk bawahannya dan kepala sekolah melakukan pendekatan-pendekatan untuk meningkatkan profesional guru. Bagi guru yang berprestasi maka akan diberikan hadiah ataupun dukungan dalam bentuk memajukan nama guru tersebut untuk mengikuti CAKEP, dan dipromosikan; 3) hambatan-hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru ditemukannya guru yang masih kurang maksimal dalam bekerja ataupun adanya guru kurang peduli terhadap situasi di sekolah. Kata Kunci: Manajemen, Kepala Sekolah, dan Profesional Guru.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SD NEGERI 13 KOTA BANDA ACEH (KHATIJAH, 2018)

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA RNSD NEGERI 2 BANDA ACEH (AIDA IRWANA, 2015)

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PESERTA DIKLAT KETERAMPILAN PELAUT DI BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ILMU PELAYARAN MALAHAYATI ACEH (FAZRI HERMANTO, 2018)

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SD NEGERI UNGGUL MONTASIK (RIZA ROSITA, 2015)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 17 BANDA ACEH (CUT AJA IRAWATI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy