//

KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS PROJECT BASED LEARNING (STEM-PJBL) DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YULIA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Yulia. 2018. Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Science, Technology, Engineering, and Mathematics-Project Based Learning (STEM-PjBL) di SMP Negeri 2 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Cut Morina Zubainur, M.Pd, (2) Dr. Rahmah Johar, M.Pd Kata kunci: Keterlibatan Siswa, STEM-PjBL Keterlibatan siswa adalah tindakan-tindakan yang meliputi perilaku, keadaan emosi, dan kognitif dalam pembelajaran. Rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran telah menjadi isu secara nasional maupun internasional. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah dengan Science, Technology, Engineering, and Mathematics-Project Based Learning (STEM-PjBL). STEM-PjBL merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan kegiatan proyek berbasis teknologi untuk melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika melalui STEM-PjBL di SMP Negeri 2 Banda Aceh. Keterlibatan siswa yang diteliti ada dua, yaitu keterlibatan perilaku dan kognitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah lima orang yang dipilih dari 22 orang siswa di kelas VII-3 SMP Negeri 2 Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada ketiga kali pembelajaran terlihat keterlibatan perilaku siswa yaitu terlibat dalam mengamati permasalahan yang diberikan, mendengarkan penjelasan guru, dan mencoba melakukan eksperimen. Seterusnya keterlibatan perilaku yaitu mencatat hal-hal penting yang diperoleh hanya terjadi pada pertemuan pertama dan kedua, sedangkan keterlibatan perilaku yaitu membawa bahan bacaan yang relevan serta membacanya hanya terjadi pada pertemuan kedua dan ketiga. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pada ketiga kali pembelajaran terlihat keterlibatan kognitif siswa yaitu terlibat memberikan pendapat, aktif berdiskusi untuk menyelesaikan tugas secara kelompok, mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, dan aktif melakukan eksperimen. Sedangkan keterlibatan kognitif yaitu berusaha memecahkan masalah dan mempresentasikan hasil eksperimen hanya terjadi pada pertemuan pertama dan kedua, bertanya jawab dengan kelompok lain hanya terjadi pada pertemuan kedua, dan terlibat dalam menyimpulkan materi hanya terjadi pada pertemuan pertama dan kedua. Seterusnya, dari ketiga kali pembelajaran yang diamati hanya satu kali pembelajaran yang melibatkan siswa untuk semua indikator yaitu keterlibatan perilaku pada pertemuan kedua.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SISWA SMP MEMBUAT DENAH MELALUI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) PADA MATERI PERBANDINGAN (MUTHMAINNAH, 2018)

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Cut Wildanum Mudhiah, 2017)

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DI KELAS X SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA (Nanda Silvia Mutia, 2015)

PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK) PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VIIRNSMP NEGERI 7 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015 (RATNAWATI, 2015)

IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMAN 11 BANDA ACEH (Aulia Nur, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy