//

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TAI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR DITINJAU DARI TINGKAT IQ SISWA MTSN MODEL BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Athirah Aksa - Personal Name

Abstrak/Catatan

Aksa, Putri Athirah. 2018. Penerapan Model Kooperatif Tipe TAI Terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Tingkat IQ Siswa MTsN Model Banda Aceh. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Bintang Zaura, M.Pd., (2) Drs. Bainuddin Yani S., M.S, M.Pd Kata kunci: hasil belajar, Intelligence Quotient (IQ), model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku dan pemahaman yang diperoleh setelah proses pembelajaran selesai. Hasil belajar yang diperoleh siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor dua diantaranya adalah tingkat Intelligence Quotient (IQ) siswa dan model pembelajaran yang digunakan pendidik. Kecerdasaan intelektual atau IQ adalah kemampuan atau karatkteristik yang melekat pada siswa yang di bawa sejak lahir. Perbedaan tingkat IQ yang dimiliki siswa juga akan mengakibatkan perbedaan hasil belajar yang diperoleh siswa. Penerapan model pembelajaran interaktif yang tepat diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar. Model pembelajaran kooperatif tipe TAI yang memanfaatkan variasi pengetahuan membuat siswa saling memecahkan masalah dalam kelompok, dan saling mendorong untuk berprestasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan model kooperatif tipe TAI hasil belajar siswa dapat mencapai KKM pada kelas VII materi bangun datar di MTsN Model Banda Aceh dan adanya korelasi yang positif dan signifikan antara tingkat Intelligent Quotient (IQ) dan hasil belajar siswa kelas VII materi bangun datar di MTsN Model Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian one-shot case study. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak yaitu kelas VII-1 di MTsN Model Banda Aceh dengan jumlah anggota sampel 34 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tes dan dokumentasi sekolah. Hasil analisis hipotesis pertama menggunakan uji t dengan hasil t_(hitung )< t_(tabel )atau 0,247

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VII MTSN LHOKNGA ACEH BESAR (Rizki Intan Benazir, 2014)

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS V SD NEGERI 18 BANDA ACEH (yoesoesi afdal, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN LHOKSEUMULU ACEH BESAR (NUZUL KURYANI, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR DI KELAS V SD KARTIKA XIV-2 BANDA ACEH (Nurleni, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (Linawati, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy