//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA DI KELAS XI SMAN UNGGUL TUNAS BANGSA ACEH BARAT DAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DWI PUSPITA SARI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sari, Dwi Puspita. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika di Kelas XI SMAN Unggul Tunas Bangsa Aceh Barat Daya. (1) Drs. Salasi R. M. Pd. (2) Drs. Syahyuzar, M. Pd Kata Kunci: Aktivitas siswa, Pembelajaran kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Strategi yang tepat sangat diperlukan dalam proses pembelajaran. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa aktivitas siswa tidak berjalan sebagaimana mestinya, Kondisi ini disebabkan tidak adanya timbal balik antara guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Kesalahan dalam metode pembelajaran sangat berkaitan dengan hasil belajar yang didapat. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu alternatif pembelajaran yang dapat mendukung keberhasilan belajar siswa. Pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa secara maksimal dengan model pembelajaraan kooperatif tipe NHT. Rumusan masalah yang diperoleh yaitu Bagaimana aktivitas siswa pada pembelajaran Barisan dan Deret Aritmatika melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT di kelas XI SMAN Unggul Tunas Bangsa Aceh Barat Daya. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui aktivitas siswa dalam penerapan model Kooperatif Tipe NHT pada materi Barisan dan Deret Aritmatika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif. Pendekatan pada metode penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN Unggul Tunas Bangsa Aceh Barat daya yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI-Merah dan XI-putih. Untuk keperluan pengumpulan data, peneliti mengambil satu kelas. Instrument yang digunakan adalah Lembar Observasi Aktivitas siswa, angket dan wawancara. Pengolahan data dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa selama proses pembelajaran mengalami peningkatan dari selama tiga kali pertemuan, dimana persentase angket respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT sebesar 94% dan angket respon siswa terhadap LKS sebesar 100%, dari sisi hasil wawancara dengan siswa tingkat keterlibatan siswa terlihat juga aktif. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berjalan dengan baik dan menghasilkan aktivitas siswa yang aktif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS X SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Heriyansyah Putra, 2015)

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DI KELAS X SMAN UNGGUL TUNAS BANGSA ACEH BARAT DAYA (Maya Audina, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL RNDI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Fazaliana, 2014)

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MEMALUI MODEL PROBLEM BESED LEARNING PADA MATERI TURUNAN DI KELAS XI SMAN UNGGUL TUNAS BANGSA ACEH BARAT DAYA (Retna Suci Wulandari, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKTALK-WRITE(TTW) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIALSISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (Nairuz Hanifah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy