//

ALGORITMA SINKRONISASI DATABASE MANAGEMENT SYSTEM (DBMS) HETEROGEN MENGGUNAKAN METODE EVENT-DRIVEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ayu Helinda - Personal Name

Abstrak/Catatan

Saat ini teknologi Database Management System (DBMS) terus berkembang dan tersedia dalam berbagai platform. Pemanfaatan jenis DBMS yang beragam menimbulkan permasalahan keterbatasan pada proses sinkronisasi data dikarenakan masing-masing DBMS hanya menyediakan metode sinkronisasi untuk DMBS sejenis. Hal ini sering menjadi kendala bagi pengguna yang memanfaatkan jenis DBMS beragam namun menginginkan seluruh data antar DBMS saling terpadu. Metode sinkronisasi DBMS yang tersedia saat ini adalah metode replikasi. Metode replikasi memungkinakan untuk melakukan proses sinkronisasi database secara dua arah dengan cara mengkopi seluruh data dari database utama ke database tujuan maupun sebaliknya. Namun metode ini hanya dapat digunakan untuk sesama platform DBMS. Penelitian sebelumnya telah mengkaji mengenai analisis algoritma untuk sinkronisasi database heterogen pada perangkat mobile menggunakan metode message digest. Namun berdasarkan prinsip kerjanya, algoritma ini memerlukan waktu yang lama pada sinkonisasi untuk database yang berukuran besar dikarenakan harus mengecek nilai hash pada setiap data. Penelitian lainnya membahas mengenai sinkronisasi DBMS heterogen melalui central data center dengan melakukan penjadwalan proses menggunakan java. Penjadwalan proses dilakukan pada masing-masing host DBMS berdasarkan waktu terjadinya transaksi. Proses sinkronisasi ini memerlukan infrastruktur yang komplek. Namun penelitian ini tidak menyajikan data hasil performansi dari metode yang diusulkan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini difokuskan untuk mengembangkan algoritma sinkronisasi DBMS heterogen menggunakan metode Event-driven. Event-driven merupakan sebuah konsep pemrograman yang alur programnya ditentukan oleh kejadian/event tertentu. Pada penelitian ini, Event-driven digunakan untuk mengenali setiap data yang mengalami transaksi (insert, update, delete) pada database dengan menyimpan setiap indentitas data yang mengalami perubahan kedalam sebuah tabel temporary. Tabel ini berisi primary key, jenis, dan identitas dari tabel asal transaksi. Alur proses sinkronisasi dilakukan berdasarkan jenis transaksi dengan menyeleksi data dari tabel sumber berdasarkan relasi dari data tabel temporary untuk memulai proses sinkronisasi ke DBMS tujuan. Hasil penelitian menunjukkan metode yang diusulkan dapat memperbaiki proses sinkronisasi data antar DBMS heterogen. Selain itu, hasil pengujian execution time proses sinkronisasi yang dihasilkan dengan metode Event-driven lebih cepat dibandingkan dengan metode MD5 pada penelitian sebelumnya

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISA KEEFEKTIFAN MYSQL CLUSTER DAN NON-CLUSTER DALAM MEMPROSES DATA AKADEMIK (Wanda Ichsanul Isra, 2016)

PERBANDINGAN PERFORMANSI ANTARA SERVER MYSQL CLUSTER BERBASIS SERVER FISIK DENGAN SERVER VIRTUAL (Qashmal Saifuddin Bantasyam, 2013)

IMPLEMENTASI ALGORITMA ANT COLONY SYSTEM PADA OPTIMALISASI PENDISTRIBUSIAN KORAN DI WILAYAH BANDA ACEH (STUDI KASUS: DISTRIBUSI KORAN SERAMBI INDONESIA) (Riska Mulyana, 2016)

ANALISIS REPLIKASI DATABASE DARI MASTER KE SLAVE SERVER SEBAGAI ALTERNATIF BACKUP DI UPT PERPUSTAKAAN UNSYIAH (Saiful Bahri, 2015)

PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT SYSTEM TERHADAP CUSTOMER INSIGHTS MELALUI RELATIONAL INFORMATION PROCESSES PADA PERBANKAN DI BANDA ACEH (Sahur Lianda, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy