//

KEMAMPUAN MENGGUNAKAN KATA PENGHUBUNG DALAM MENULIS KARANGAN OLEH SISWA KELAS V SD NEGERI 46 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Teuku Teddy Ari Yoga - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Yoga, Ari, Teddy, Teuku. 2017.Kemampuanmenggunakan Kata Penghubung dalam Menulis Karangan oleh Siswa KelasVSD Negeri 46 Banda Aceh. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Bukhari, M.Pd., (2) Drs. M. Yamin, M.Ed. Kata kunci: Kata Penghubung, Menulis, Karangan Pengajaran kata penghubung sangat diperlukan oleh siswa guna memperluas pemahaman berfikir dalam pembelajaran bahasa. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan menggunakan Kata Penghubung dalam Menulis Karangan oleh Siswa Kelas V SD Negeri 46 Banda Aceh? Secara keseluruhan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menggunakan kata penghubung dalam menulis karangan oleh siswa kelas V SD Negeri 46 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik tes yang bersumber dari siswa, dengan cara menugaskan siswa menjawab soal yang berjumlah 25 soal. Pengolahan data menggunakan teknik analisis kuantitatif dalam bentuk perhitungan nilai rata-rata. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 46 Banda Aceh yang berjumlah 22 orang yang terdiri dari 16 perempuan dan 6 laki-laki. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 3 Juni 2017 di SD Negeri 46 Banda Aceh, yang beralamat Jalan Utama Lorong Lhok Bangka, Rukoh, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh. Alasan peneliti mengambil subjek penelitian, karena ingin menguji sejauh mana kemampuan siswa kelas V menggunakan Kata Penghubung dalam Menulis Karangan. Berdasarkan hasil analisis data, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan rata-rata siswa kelas V SD Negeri 46 Banda Aceh dalam menggunakan Kata Penghubung dalam Menulis Karangan adalah 52. Nilai rata-rata tersebut berada pada kategori kurang. Simpulan penelitian ini adalah bahwa kemampuan menggunakan Kata Penghubung dalam Menulis Karangan oleh Siswa Kelas V SD Negeri 46 Banda Aceh pada pembelajaran bahasa Indonesia tergolong baik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DENGAN TANPA MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SD NEGERI 3 BANDA ACEH (farha, 2015)

KEMAMPUAN MENGGUNAKAN KATA PENGGHUBUNG DALAM KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 12 BANDA ACEH (MUZAKIATI, 2014)

KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI PADA KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (Evi Risnawati, 2014)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH MENULIS KARANGAN NARASI DALAM BAHASA ACEH (MUSTABSYIRAH, 2015)

KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 8 BANDA ACEH (Nurbaiti, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy