//

HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANGTUA DENGAN PENATALAKSANAAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK USIA SEKOLAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 5 BANDA ACEH.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang WULANDARI SAPUTRI - Personal Name
SubjectLEVELS OF SATISFACTION
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas keperawatan universitas syiah kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Kebersihan gigi dan mulut merupakan salah satu perawatan menjaga kesehatan gigi dan mulut untuk menghindari perkembangbiakan mikroorganisme pada gigi dan mulut. Masalah kebersihan gigi dan mulut merupakan kegiatan sehari-hari yang harus dilakukan, tetapi masih dianggap kurang penting dan kurangnya perhatian tentang pelaksanaan menjaga kebersihan gigi dan mulut seperti cara menyikat gigi, pola makan yang sehat, flossing, dan rutin memeriksakan gigi ke dokter, jika tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut maka akan terjadinya masalah pada gigi dan mulut seperti karies, bau mulut, plak pada gigi, peradangan pada mukosa mulut, dan bibir pecah-pecah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan orangtua tentang penatalaksanaan kebersihan gigi dan mulut anakusia sekolah. Jenis penelitian ini deskriptif correlative dengan desain cross sectional study. Populasi penelitian adalah seluruh orang tua siswa/i anak yang bersekolah di Madrasah Ibtidaiyah sebanyak 470 orang tua, dengan teknik pengambilan sampel proportional sampling, didapatkan sampel sebanyak 83 responden. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan kuesioner. Hasil analisis data dengan menggunakan chi-square didapatkan ada hubungan pengetahuan orangtua dengan penatalaksanaan kebersihan gigi dan mulut (p-value 0,026), ada hubungan pengetahuan orang tua dengan pelaksanaan cara menyikat gigi (p-value 0,007), dan tidak ada hubungan pengetahuan orang tua dengan pelaksanaan pola makan yang sehat pada anak usia sekolah(p-value 0,507). Diharapkan pihak sekolah untuk membuat kegiatan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut satu bulan sekali anak untuk mendapatkan gigi dan mulut yang sehat, dan dengan mengadakan UKGS di sekolah sehingga kesehatan gigi dan mulut sehat dan terjaga.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERAN ORANGTUA TERHADAP PERILAKU KESEHATAN GIGI DAN MULUT MURID USIA 6-7 TAHUN DI SD NEGERI 54 TAHIJA BANDA ACEH (M. Fauza, 2015)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT DENGAN TINGKAT KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT SISWA SD USIA 10-12 TAHUN DI SD KEMALA BHAYANGKARI KECAMATAN JAYA BARU KOTA BANDA ACEH (Syarifah Indah Maghfirah, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN KELUARGA TENTANG PERSONAL HYGIENE GIGI DAN MULUT DENGAN KEJADIAN KARIES GIGI ANAK USIA SEKOLAH DI DESA PEUNITI KEC. BAITURRAHMAN BANDA ACEH TAHUN 2013 (YENNI MAULIDA, 2014)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU RUMAH TANGGA TERHADAP KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANAK BALITA DI DESA LIMPOK ACEH BESAR (Afrindah Sari, 2014)

GAMBARAN TINGKAT KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT RNMURID SMP NEGERI 3 USIA 12-14 TAHUNRN KECAMATAN BAITURRAHMANRNBANDA ACEH (Nurul Hasanah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy