//

EVALUASI PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PROFILAKSIS PADA PASIEN RAWAT INAP TRAUMA ORTOPEDI DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AULAN NISA - Personal Name
SubjectANTIBIOTICS
BACTERIA
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian yang berjudul Evaluasi Penggunaan Antibiotik Profilaksis pada Pasien Rawat Inap Trauma Ortopedi di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pola penggunaan antibiotik profilaksis yang meliputi jenis, dosis, dan durasi penggunaan antibiotik. Penelitian ini merupakan penelitian observatif yang dilakukan menggunakan metode survei deskriptif. Sebagian besar pasien yang menjadi sampel penelitian berjenis kelamin laki-laki (67,14%). Seluruh pasien yang menjadi sampel penelitian ini menerima antibiotik profilaksis. Jenis antibiotik yang paling sering digunakan adalah sefalosporin generasi I, yaitu cefazolin (98,57%). Cefazolin digunakan dengan dua macam regimen dosis, yaitu dosis 2 gram (72,86%) dan dosis 1 gram (25,71%). Pemberian antibiotik profilaksis pada pasien dilakukan sebelum insisi (91,43%), yaitu dalam rentang waktu 60 menit (68,75%) dan 30 menit (31,25%), namun penggunaan diperpanjang (100%) dengan durasi penggunaan paling singkat 24 jam (2,86%) dan paling lama >96 jam (12,86%). Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah hampir keseluruhan (97,14%) penggunaan antibiotik profilaksis pada pasien rawat inap trauma ortopedi di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh masih belum tepat apabila ditinjau dari segi durasi penggunaannya. Kata kunci : Antibiotik profilaksis, fraktur tertutup, bedah ortopedi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PROFILAKSIS PADA PASIEN SECTIO CAESAREA (SC) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (RSUDZA) BANDA ACEH TAHUN 2017. (Astri Suhartinah, 2018)

EVALUASI PENGGUNAAN ANTIBIOTIK MENGGUNAKAN METODE GYSSENS PADA PASEIN INFEKSI ULKUS KAKI DIABETIK DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (DESI JANNATI, 2018)

EVALUSI RASIONALITAS PENGGUNAAN ANTIBIOTIK DI RUANG RAWAT INAP OBGYN RSUDZA BANDA ACEH DENGAN KATEGORI GYSSENS TAHUN 2018 (Yolanda, 2019)

POLA KUMAN DAN SENSITIVITAS ANTIBIOTIK PADA ANAK PENDERITA INFEKSI SALURAN KEMIH DI RUANG RAWAT INAP ANAK RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Annisa Sarindah, 2014)

OUTCOME PASIEN PNEUMONIA KOMUNITAS DI RUANG RAWAT INAP PARU RUMAH SAKIT DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PERIODE APRIL 2012-APRIL 2013 (Muhammad Taufik, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy