Search :

Advance


PENGARUH DOSIS PUPUK MAJEMUK NPK (15-15-15) PHONSKA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA KLON UBI JALAR (IPOMOEA BATATAS L.)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang lukman hakim - Personal Name
Subyek FERTILIZERS-USE
SWEET POTATO
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

RINGKASAN LUKMAN HAKIM. “Pengaruh Dosis Pupuk Majemuk NPK (15-15-15) Phonska Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Beberapa Klon Ubi Jalar (Ipomoea batatas L.), dibawah bimbingan Ashabul Anhar sebagai pembimbing utama dan Ainun Marliah sebagai pembimbing anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis pupuk NPK (15-15-15) Phonska terhadap pertumbuhan dan hasil beberapa klon ubi jalar serta ada tidaknya interaksi antara kedua faktor tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Saree Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh dengan ketinggian ±650 m dari permukaan laut (dpl). Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Januari sampai dengan Mei 2013. Rancangan yang digunakan dalam penelitian adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial dengan 3 ulangan. Ada dua faktor yang dicobakan yaitu Pupuk NPK (15-15-15) Phonska (P) dan Klon (K). Pupuk NPK (15-15-15) Phonska (P) terdiri dari 3 taraf yaitu : kontrol (0 kg/ha), 150 kg/ha, dan 300 kg/ha. Klon (K) terdiri dari 6 taraf yaitu : Klon CIP-CER, Klon CIP-MAN, Klon CIP-LOB, Klon P-13 dan Klon lokal Umbi merah, Klon umbi kuning. Peubah yang diamati dalam penelitian ini yaitu berat berangkasan basah daun, berat berangkasan basah akar, berat berangkasan kering daun, berat berangkasan kering akar, jumlah umbi keseluruhan, jumlah umbi besar, jumlah umbi kecil, berat umbi keseluruhan, berat umbi besar, berat umbi kecil, hasil umbi keseluruhan (ton/ha), hasil umbi besar (ton/ha), hasil umbi besar (ton/ha), dan hasil umbi kecil (ton/ha). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis pupuk NPK (15-15-15) Phonska berpengaruh sangat nyata terhadap peubah berat berangkasan basah akar dan berpengaruh nyata pada berat berangkasan kering akar, berat umbi kecil, dan hasil umbi kecil per ha, namun berpengaruh tidak nyata terhadap berat berangkasan basah daun, berat berangkasan kering daun jumlah umbi keseluruhan, jumlah umbi besar, jumlah umbi kecil, berat umbi keseluruhan, berat umbi besar, hasil umbi keseluruhan per ha dan hasil umbi besar per ha. Hasil yang lebih baik dijumpai pada kontrol. Klon berpengaruh sangat nyata terhadap berat berangkasan daun, berat berangkasan basah akar, jumlah umbi keseluruhan, jumlah umbi besar, jumlah umbi kecil, hasil umbi keseluruhan per ha dan hasil umbi besar per ha, namun berpengaruh nyata terhadap berat umbi keseluruhan, berat umbi besar, berat umbi kecil dan berpengaruh tidak nyata terhadap berat berangkasan kering daun dan berat berangkasan kering akar. Klon terbaik dijumpai pada klon P-13. Terdapat interaksi yang tidak nyata pada berbagai dosis pupuk NPK (15-15-15) Phonska dan klon terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman ubi jalar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH DOSIS PUPUK MAJEMUK NPK (15-15-15) PHONSKA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA KLON UBI JALAR (IPOMOEA BATATAS L.) (lukman hakim, 2014)

PENGARUH DOSIS PUPUK KALIUM TERHADAPPERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA KLON UBI JALAR (IPOMOEA BATATAS L.) DI DATARAN MENENGAH SAREE (Sarah Nadia, 2016)

UJI ADAPTASI BEBERAPA KLON UBI JALAR (IPOMOEA BATATAS L.) DI DATARAN RENDAH (Nur Aisyah, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA KLON UBI JALAR (IPOMOEA BATATASL.) DI DATARAN TINGGI (Isnaidi, 2015)

PENGARUH DOSIS PUPUK FOSFOR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA KLON UBI JALAR (IPOMOEA BATATAS L.) DI DATARAN MENENGAH (Dela Armanita, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.