//

HUBUNGAN KADAR SERUM FERITIN TERHADAP GANGGUAN FUNGSI HATI PADA PENDERITA β- THALASSEMIA MAYOR DI INSTALASI SENTRAL THALASSEMIA DAN HEMOFILIA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizky Amalia Siregar - Personal Name
SubjectTHALASSEMIA-MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Thalassemia merupakan kelainan genetik yang disebabkan oleh adanya kecacatan pada produksi hemoglobin. Prevalensi penderita thalassemia di Aceh mencapai angka 13,8%.dari seluruh penderita thalassemia di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara jumlah serum feritin terhadap gangguan fungsi hati pada penderita β-thalassemia mayor. Penelitian ini bersifat analitik dengan menggunakan desain cross-sectional. Populasi penelitian adalah seluruh penderita β-thalassemia mayor di Instalasi Sentral Thalassemia dan Hemofilia RSUD Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Sampel penelitian ini adalah penderita β-thalassemia mayor yang lengkap data feritin, SGOT dan SGPT pada rekam mediknya. Dari hasil penelitian didapatkan sampel 32 orang dengan jumlah laki-laki lebih banyak dibanding dengan perempuan (laki-laki= 53,1%, perempuan= 46,9%). Usia sampel terbanyak adalah usia remaja (13-18 tahun) yaitu 19 orang (59,4%). Pemakaian kelasi terbanyak adalah jenis deferasirox (exjade) yaitu 19 (59,37%). Intensitas penggunaan obat kelasi besi paling banyak adalah sekitar 1-5 kali yaitu pada 21 orang sampel (65,63%). Sementara itu jumlah transfusi terbanyak adalah 10-20 kali yaitu pada 25 sampel (78,1%). Didapatkan adanya peningkatan serum feritin yang sangat signifikan pada keseluruhan sampel. Terdapat 3 orang sampel (9,4%) mengalami gangguan fungsi hati yang ditandai dengan peningkatan nilai SGOT dan SGPT hingga 2 kali lipat dari nilai normal. Tidak didapatkan adanya hubungan yang signifikan antara kadar feritin terhadap gangguan fungsi hati (p=0,53)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KADAR FERITIN SERUM TERHADAP KARDIOMEGALI PADA ANAK THALASSEMIA BETA MAYOR BERDASARKAN EKG DAN FOTO THORAX (Anggi Bagaskara Helfando, 2017)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI SEKOLAH PADA PASIEN β-THALASSEMIA MAYOR DI RSUD DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (AMANDA PUTRA, 2017)

HUBUNGAN TUMBUH KEMBANG BALITA DENGAN KUALITAS HIDUP PENDERITATHALASSEMIARNBETA MAYOR DI SENTRAL THALASSEMIA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (Khairunnisa, 2014)

HUBUNGAN USIA DAN KUALITAS HIDUP TERHADAP SINDROM DEPRESI PADA PENDERITA THALASSEMIA BETA MAYOR DI INSTALASI SENTRAL THALASSEMIA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (nasyirah, 2014)

PENGARUH KADAR FERITIN SERUM TERHADAP PERUBAHAN FRAKSI LIPID PADA PASIEN THALASEMIA DENGAN TRANSFUSI BERULANG DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (SHINTA ARMISDA PUTRI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy