//

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ANDRIANI - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
TEACHING METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK ANDRIANI. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self- Efficacy Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Generatif Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah agar siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis. Namun kenyataann yang terjadi banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam pemecahan masalah untuk menyelesaikan soal matematika. Selain kemampuan matematis terdapat aspek self-efficacy siswa yang juga berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar siswa, karena perasaan positif yang tepat tentang self-efficacy dapat membantu prestasi. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa adalah Model Pembelajaran Generatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis, peningkatan self-efficacy, interaksi antara model pembelajaran dengan level (tinggi, sedang, rendah) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan peningkatan self-efficacy siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran generatif. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Sakti Pidie. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara random sampling. Analisis data menggunakan uji Anava. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran generative lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional, (2) self-efficacy siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran generatif lebih baik daripada self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan level siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan level siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap self-efficacy siswa. Kata Kunci : Model pembelajaran generatif, Kemampuan pemecahan masalah matematis, Self-efficacy

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Cut Masturi, 2018)

PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI INTEGRAL (Desi Aria Mustika, 2019)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MTS MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (susanti, 2014)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (HUSNA, 2014)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS XI MAS DARUL IHSAN (IKA ZUHRATUL KHAIRI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy