//

PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NANI SURYANI - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
MATHEMATICS - STUDY AND TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nani Suryani (2018). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis dan Self Confidence Siswa SMP melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Pendidikan merupakan kebutuhan yang penting bagi manusia. Matematika merupakan pelajaran yang sering muncul baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Kemampuan representasi matematis adalah salah satu kemampuan yang tercantum dalam NCTM yang perlu dimiliki oleh siswa dan self confidence merupakan salah satu aspek psikologi yang perlu dimiliki siswa. Rendahnya kemampuan representasi matematis dan self confidence siswa menunjukkan perlunya upaya perbaikan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan penerapan pendekatan pendidikan Matematika Realistik (PMR). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis dan self confidence siswa melalui pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental Design dengan bentuk pretest and posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII MTsS Lam Ujong Aceh Besar, dengan sampel dua kelas yaitu kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-5 sebagai kelas kontrol yang diperoleh secara random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan representasi matematis dan angket self confidence siswa. Analisis data dilakukan dengan mencari nilai N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t berdasarkan kemampuan awal dan nilai N-Gain siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis dan self confidence siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata kunci : Kemampuan Representasi Matematis, Self Confidence, Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (Sulastri, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (Muhammad Ridha, 2017)

PENERAPAN PENDEKATAN SAVI DAN PENDEKATAN REALISTIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP (Asmaul Husna, 2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MTSN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Rifki Maqfirah, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN PETA KONSEP (Mauliana, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy