//

PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) BERBASIS MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS SISWA, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SRI NOVAYANTI - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
MOTIVATION
TEACHING METHODS
BIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas siswa dan pengaruh penerapan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbasis media video terhadap motivasi, dan hasil belajar pada materi sistem ekskresi di SMA Negeri Kabupaten Bireuen. Pengumpulan data dilakukan pada 07 Februari s/d 03 Maret 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest posttest control design. Penelitian ini dilaksanakan di tiga sekolah yaitu SMA Negeri 1 Bireuen, SMA Negeri 2 peusangan, dan SMA Negeri 3 Bireuen, dengan sampel penelitian berjumlah 160 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, dan angket motivasi. Untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar, dan hasil belajar siswa dilakukan dengan uji beda dua rata-rata, dengan uji-t independent simple t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas siswa sebanyak 86,85 kelas eksperimen dengan kategori sangat tinggi, pada kelas kontrol 63,69 dengan kategori tinggi. Uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu motivasi belajar 3,26 > 1,65 dan hasil belajar siswa 6,21 > 1,65. Simpulan model pembelajaran Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbasis media video memiliki perbedaan aktivitas siswa, berpengaruh dalam meningkatkan motivasi, dan hasil belajar pada materi sistem ekskresi di SMA Negeri Kabupaten Bireuen. Kata Kunci: AIR, Media Video, Aktivitas Siswa, Motivasi, Hasil Belajar Siswa, Sistem Ekskresi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM TRANSPORTASI MAKHLUK HIDUP DI SMPN 1 SUKAMAKMUR ACEH BESAR (Juliana, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TEKANAN SISWA KELAS VIII-10 MTSN 1 BANDA ACEH (Hayatul Husna, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DIPADU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI MADRASAH ALIYAH KOTA BANDA ACEH (FAZRINA, 2017)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI 9 ACEH BARAT DAYA (Hardani, 2019)

PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH TAHUN 2016/2017 (Putri Sholehana, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy