//

SKRINING BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) PENGHASIL SENYAWA ANTIBAKTERI (BAKTERIOSIN) ASAL USUS SAPI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Afrilia Nora - Personal Name

Abstrak/Catatan

RINGKASAN AFRILIA NORA. Skrining Bakteri Asam Laktat (BAL) Penghasil Senyawa Antibakteri (Bakteriosin) Asal Usus Sapi Aceh. NURLIANA dan DARMAWI. Bakteri Asam Laktat (BAL) merupakan bakteri alami yang terdapat di dalam saluran pencernaan manusia maupun hewan. Salah satu fungsi dari BAL dapat menghasilkan atau memproduksi atau mengeluarkan senyawa penghambat pertumbuhan bakteri patogen (antimikroba peptida) yang disebut sebagai bakteriosin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui BAL yang berasal dari usus sapi aceh dapat menghasilkan senyawa antibakteri (bakteriosin) dan untuk mengetahui karakteristik BAL yang berasal dari usus sapi aceh dapat menghasilkan senyawa antibakteri (bakteriosin). Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Kesmavet dan Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian analisis observasi, data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata Angka Lempeng Total (cfu/gr) BAL pada sapi aceh yaitu : duodenum 1,3 x 10 7 , jejunum 7,4 x 10 7 , ileum 5,4 x 10 7 dan sekum 4,7 x 10 7 . Sedangkan hasil rata-rata dari jumlah koloni bakteriosin pada sapi aceh yaitu : duodenum 2,9 x 10 6 , jejunum 2,1 x 10 6 , ileum 1,5 x 10 6 dan sekum 1,7 x 10 6 . Jumlah ALT BAL dan bakteriosin tidak terdapat perbedaan. Dapat disimpulkan bahwa tidak semua BAL mampu menghasilkan bakteriosin. Bakteriosin yang dihasilkan oleh BAL pada penelitian ini hasilnya menunjukkan bahwa bakteri berbentuk kokus dan basil dari kelompok bakteri Gram positif, berukuran 0,50-3,00 mm serta uji katalase negatif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH ASAM LAKTAT DAN ASAM ASETAT TERHADAP AKTIVITAS ANTIBAKTERI BAKTERIOSIN PRODUKSI BAKTERI ASAM LAKTAT USUS AYAM PETELUR YANG DIBERI AKBISPROB (M. Ridha Maulana, 2018)

AKTIVITAS ANTIBAKTERI BAKTERIOSIN PRODUKSI BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) YANG DIISOLASI DARI USUS AYAM PETELUR SETELAH DIBERIKAN AKBISPROB TERHADAP BAKTERI ESCHERICHIA COLI DAN SALMONELLA SP. (FASHIHAH RAHMAH NOYA FARIMANSYAH, 2018)

EKSPLORASI BAKTERIOSIN KASAR DARI ISOLAT BAKTERI ASAM LAKTAT JRUEK DRIEN SERTA AKTIVITAS ANTIMIKROBA (Haifa Khairunnisa, 2017)

UJI KETAHANAN BAKTERIOSIN PRODUKSI BAKTERI ASAM LAKTAT USUS AYAM PETELUR YANG DIBERI AKBISPROB TERHADAP SUHU DAN PH (LUTHFI PHONNA, 2018)

ANALISIS HOMOLOGI BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) PADA ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) BERDASARKAN GEN 16S RRNA (NURJANNAH PANJAITAN, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy