//

MODIFIKASI KITOSAN BERIKATAN SILANG TRIPOLIFOSFAT DAN SELULOSA SEBAGAI FILLER SERTA APLIKASINYA SEBAGAI PENGHANTAR OBAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NILAWATI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pembuatan komposit kitosan berikatan silang tripolifosfat/selulosa telah dilakukan. Selulosa diisolasi dari tandan kosong kelapa sawit dengan variasi kosentrasi H2SO4 (20%,30%,40% dan 50%) Selulosa yang diperoleh dikarakterisasi mengunakan FTIR,XRD dan SEM. Analisis FTIR mengkonfirmasi pita-pita khas selulosa dalam sampel. Pola XRD menunjukkan selulosa yang menpunyai kristalinitas yang tinggi adalah selulosa hasil isolasi dengan H2SO4 40%. Pada proses hidrolisis meningkatkan kristalinitas selulosa. Selulosa yang kristalinitas tinggi hasil hidrolisis digunakan sebagai bahan pengisi untuk pembuatan komposit. Komposit yang diperoleh dikarakterisasi dengan FTIR,XRD,SEM, dan DSC. Komposit yang dihasilkan diuji swelling dan disolusi paracetamol (PCT). Hasil yang diperoleh komposit khitosan+ paracetamol menpunyai rasio swelling tinggi yaitu 95,61% dan komposit berikatan silang TPP/selulosa/PCT menpunyai rasio swelling yang paling rendah yaitu 65,5% dan uji disolusi juga menunjukkan bahwa pelepasan obat lebih rendah pada komposit berikatan silang TPP/selulosa/PCT daripada komposit khitosan+ PCT saja. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa selulosa dapat meningkatkan ketahanan khitosan dalam suasana asam sehingga obat dapat lepas secara terkendali. Kata Kunci : TKKS, Selulosa, Komposit, Sweeling, Disolusi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBUATAN KOMPOSIT KITOSAN MAGNETIK TERSULFONASI BERIKATAN SILANG POLIETILEN GLIKOL DIGLISIDIL ETER (PEDGE) SEBAGAI ADSORBEN METILEN BIRU (Haya Fathana, 2018)

PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI KOMPOSIT KITOSAN MAGNETIK BERIKATAN SILANG H2SO4 DAN APLIKASINYA SEBAGAI ADSORBEN METHYLENE BLUE (ISHMATURRAHMI, 2018)

PREPARASI DAN KARAKTERISASI KOMPOSIT KHITOSAN BERIKATAN SILANG EPIKLOROHIDRIN/ CANGKANG TELUR UNTUK ADSORPSI ION CADMIUM (Nisfayati, 2017)

MODIFIKASI KITOSAN MENGGUNAKAN PASIR BESI DAN GLUTARALDEHID SERTA APLIKASINYA SEBAGAI ADSORBEN LIMBAH MERKURI DI PERTAMBANGAN EMAS MANGGAMAT, ACEH (FITRI PURNAMA WATI, 2018)

ADSORPSI KITOSAN MAGNETIK BERIKATAN SILANG POLIETILEN GLIKOL DIGLISIDIL ETER (P(EGDE)) TERHADAP ION LOGAM KADMIUM (Rahmawati Sembiring, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy