//

HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK FISIK, KIMIA DAN JARAK TEMPAT PERINDUKAN VEKTOR (TPV) DENGAN KEJADIAN MALARIA DI KECAMATAN WOYLA KABUPATEN ACEH BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Husin - Personal Name

Abstrak/Catatan

RINGKASAN MUHAMMAD HUSIN. Hubungan antara karakteristik fisik, kimia dan jarak Tempat Perindukan Vektor (TPV) dengan Kejadian Malaria di Kecamatan Woyla Kabupaten Aceh Barat. RINIDAR dan REZA FERASYI. Sekitar 74% Kabupaten di Indonesia masih tergolong endemis malaria, dan 45% penduduknya beresiko tertular malaria. Salah satu yang belum terbebas malaria adalah Kabupaten Aceh Barat Provinsi Aceh. Adanya faktor lain seperti curah hujan yang tinggi , perubahan cuaca, menyebabkan terbentuknya tempat perindukan vektor (TPV) sebagai habitat nyamuk Anopheles. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara karakteristik fisik, kimia dan jarak tempat perindukan vektor (TPV) dari pemukiman penduduk dengan kejadian malaria di Kecamatan Woyla Kabupaten Aceh Barat. Desain penelitian menggunakan metoda observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Penelitian ini telah dilakukan di tiga desa, yaitu Alue Sikaya, Rambong dan Pulo Ie, Kecamatan Woyla Kabupaten Aceh Barat, sedangkan kejadian malaria diambil dari data rekam medis Puskesmas di Kecamatan Woyla tahun 2017. Sebagai variabel independennya adalah karakteristik fisik dan kimia serta jarak TPV dari pemukiman dan variabel dependen adalah kejadian malaria. Analisa data menggunakan uji korelasi untuk melihat hubungan antara Karakteristik TPV dan jarak terhadap kejadian malaria. Untuk mendiskripsikan karakteristik setiap variabel penelitian menggunakan univariat dan analisis biva riat untuk mengetahui hubungan anatara variabel dependen dan independen. Hasil penelitian ini didapat bahwa karakteristik fisik, kima dan jarak TPV dari pemukiman penduduk untuk desa Alue Sikaya, dan desa Rambong nila p >0,05, sedangkan pada desa Puloe Ie kedalaman dan jarak TPV memiliki nilai p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN FAKTOR LINGKUNGAN RUMAH DAN STATUS EKONOMI MASYARAKAT TERHADAP KEJADIAN MALARIA DI DESA PEULANDOK TEUNGOH KECAMATAN TRIENGGADENG KABUPATEN PIDIE JAYA (Siska Yani, 2015)

GAMBARAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA MALARIA DI KECAMATAN LUENG BATA KOTA BANDA ACEH (Farid Alfatah, 2015)

ANALISIS RISIKO KARAKTERISTIK, FAKTOR SOSIAL EKONOMI, PERILAKU MASYARAKAT DAN KONDISI LINGKUNGAN RUMAH TERHADAP KEJADIAN MALARIA DI KECAMATAN ARONGAN LAMBALEK KABUPATEN ACEH BARAT (Susy Sriwahyuni Sukiswo, 2015)

HUBUNGAN USIA, PEKERJAAN, DAN KEPATUHAN PENGGUNAAN KELAMBU BERINSEKTISIDA DENGAN KEJADIAN MALARIA DI DESA SUKAJADI KECAMATAN BANDA MULIA KABUPATEN ACEH TAMIANG (Iqbal Aryo Pravsta, 2015)

PROFIL KADAR HEMOGLOBIN PADA PASIEN MALARIA DEWASA DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (Salman Adam, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy