//

ANALISIS POTENSI WILAYAH UNTUK PENGEMBANGAN USAHA SAPI POTONG DI KECAMATAN JULI KABUPATEN BIREUEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Amrian Hadi - Personal Name
SubjectCATTLE-AGRICULTURAL ECONOMICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ANALISIS POTENSI WILAYAH UNTUK PENGEMBANGAN USAHA SAPI POTONG DI KECAMATAN JULI KABUPATEN BIREUEN OLEH Amrian Hadi / Agribisnis Unsyiah ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di daerah Kecamatan Juli ini yang bertujuan untuk mengetahui potensi sumber daya alam yang dimiliki kecamatan Juli, potensi sumber daya manusia yang ada di kecamatan Juli untuk pengembangan usaha ternak sapi potong, dan untuk mengetahui lembaga pengembangan sapi potong di Kecamatan Juli. Waktu penelitian dari tanggal 17 Oktober sampai dengan tanggal 17 November 2013. Penelitian ini menggunakan metode survei yaitu suatu metode penelitian yang mengambil sampel dari salah satu populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Pengambilan responden secara Quota, sebanyak 45 KK yang tersebar pada 9 desa yang ada di Kecamatan Juli. Di tinjau dari aspek sumber daya alam yang dimiliki, Kecamatan Juli memiliki potensi yang dapat menunjang pengembangan usaha sapi potong. Sedangkan dilihat dari aspek sumber daya manusia yang terdiri dari ; Umur yang produktir untuk berusaha (15-64 th = 88.89%), pengalaman beternak (> 10 th - 57,78%), jumlah anggota keluarga (3-4 orang = 46.67%), jumlah ternak sapi yang dipelihara (1-3 ekor =75.55%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kecamatan Juli belum memiliki potensi untuk dilakukan peningkatan populasi sapi potong ditinjau dari sumber daya alam yang tersedia, hal ini ditunjukkan dengan didapatnya nilai KPPTR SL sapi potong yaitu sebesar -5466.47 ST. Kelembagaan yang tersedia yeng dapat mendukung pengembangan usaha sapi potong di Kecamatan Juli diantaranya adalah Dinas Peternakan, Pertanian dan Kehutanan, Lembaga Keuangan. Kelompok peternak. Sedangkan kelembagaan pendukung yang tersedia lainnya seperti pos keswan, rumah potong hewan (RPH) tempat ini telah tersedia tapi tidak dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya peternak. . Kata Kunci : Potensi, Pengembangan, Sapi Potong, KPPTR SL

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSPEK PENGEMBANGAN USAHA PENGGEMUKAN SAPI POTONG SECARA INTENSIF ( STUDI KASUS PADA UD. NIWATORI DI GAMPONG MEUNASAH KRUENG KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR) (Tuanku Zakaria, 2017)

STRATEGI PENGEMBANGAN TERNAK SAPI POTONG BERORIENTASI AGRIBISNIS DI KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (Saina Hotmarida, 2017)

SISTEM PEMELIHARAAN SAPI POTONG DI KECAMATAN KUTA COT GLIE DAN KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (ABIZAR, 2015)

ANALISIS KELAYAKAN USAHA TERNAK SAPI POTONG DI KECAMATAN MEURAH DUA, KABUPATEN PIDIE JAYA (MUHAMMAD IRFAN, 2017)

PEMERIKSAAN KANDUNGAN BORAKS PADA BAKSO DAGING SAPI DI KABUPATEN BIREUEN (RAHMA YANTI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy