//

ANALISIS HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGANGGURAN DENGAN KEMISKINAN DI INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang TRY REZA PUTRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Analisis Hubungan Antara Tingkat Pengangguran Dengan Kemiskinan Di Indonesia Nama : Try Reza Putra NIM : 1609200010003 Program Studi : Magister Ilmu Ekonomi Universitas Syiah Kuala Pembimbing I : Dr. Nazamuddin, MA Pembimbing II : Dr. Muhammad Nasir, M.Si, MA Pengangguran terbuka masih sangat tinggi di Indonesia dan ini mempengaruhi sebagian besar penganggur. Pengangguran terkait erat dengan masalah sosial, termasuk kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara pengangguran dan kemiskinan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik untuk periode 1997-2017. Model yang digunakan adalah model Vector Autoregressive (VAR). Hasil uji kausalitas Granger menunjukkan bahwa pengangguran terbuka dan kemiskinan memiliki hubungan kausalitas dua arah. Dari hasil uji IRF, terlihat bahwa respon tingkat pengangguran terbuka terhadap kemiskinan adalah negatif, sedangkan respon kemiskinan pada tingkat penga ngguran terbuka bervariasi. Disarankan bahwa pemerintah harus memiliki strategi terpadu untuk mengatasi pengangguran dan kemiskinan sedemikian rupa sehingga program yang ditargetkan pada penganggur juga untuk orang miskin. Kata Kunci: Pengangguran Terbuka, Angka Kemiskinan, Model VAR.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH JUMLAH PENDUDUK, TINGKAT PENGANGGURAN DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP KEMISKINAN DI PROVINSI ACEH (Eka Agustina, 2018)

ANALISIS PENGARUH PENGANGGURAN DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA TERHADAP KEMISKINAN DI ACEH (Feby Ade Surya Ningsih, 2016)

PENGARUH FAKTOR SOSIAL-EKONOMI TERHADAP KRIMINALITAS DI INDONESIA (kamal fachrurrozi, 2014)

DISPARITAS PEMBANGUNAN EKONOMI DI INDONESIA (Afif Zainuri, 2016)

KORUPSI DAN KEMISKINAN DI INDONESIA (RUHUL HAIFA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy