//

KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT SULVIA HUSNA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Evaluasi merupakan salah satu komponen dalam proses pembelajaran yang dinilai memiliki kedudukan penting karena evaluasi dapat menjadi tolak ukur berhasil atau tidaknya suatu proses pembelajaran dan juga sebagai feed back terhadap perbaikan metode pembelajaran. Alat evaluasi yang baik merupakan salah satu hal penting dan harus diperhatikan namun sebahagian guru masih kurang memperhatikan penyusunan alat evaluasi yang baik. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul kualitas butir soal ujian semester ganjil mata pelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 19 percontohan Banda Aceh tahun pelajaran 2016/2017. Rumusan masalahnya adalah bagaimanakah kualitas tes soal ujian semester ganjil mata pelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh tahun ajaran 2016/2017 ditinjau dari: (a) Validitas, (b) Reliabilitas, (c) Tingkat kesukaran, (d) Daya Pembeda dan (e) Fungsi pengecoh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas butir soal ujian semester ganjil mata pelajaran matematika kelas VII di SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017 ditinjau dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, efektifitas pengecoh/distraktor. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi. Berdasarkan pengolahan data dari butir soal tes ujian semester ganjil buatan guru matematika di kelas VII SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh tahun pelajaran 2016/2017 dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: (1) Tingkat validitas butir soal tes adalah 52,5% atau sebanyak 21 soal termasuk kategori valid dan 40% atau sebanyak 16 butir soal termasuk kategori invalid; (2) Tingkat reliabilitas butir soal tes tergolong sangat tinggi dengan r_11= 0, 83; (3) Tingkat kesukaran butir soal tes tergolong tingkat kesukaran mudah dengan persentase 2,5% atau sebanyak 1 butir soal, tingkat kesukaran sedang dengan persentase 47,5% atau sebanyak 19 butir soal, dan tingkat kesukaran sukar dengan persentase 42,5% atau sebanyak 17 butir soal; (4) Daya beda soal tes sudah cukup baik membedakan kemampuan siswa dalam menjawab soal, dimana terdapat 47,5% atau sebanyak 19 butir soal berkategori rendah, 12,5% atau sebanyak 5 butir soal berkategori baik, 27,5% atau sebanyak 11 butir soal berkategori cukup, dan 2,5% atau 1 butir soal soal berkategori jelek (ditolak).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS ITEM TEST MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016-2017 (Rizki Astriadi, 2018)

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Ernawati, 2014)

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEMESTER I (GANJIL) MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS V SD NEGERI LAMREUNG ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (fikriatinur, 2014)

ANALISIS KUALITAS SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2017/2018 MATA PELAJARAN GEOGRAFI BUATAN GURU KELAS XI SMA NEGERI SE KOTA BANDA ACEH (Dewi Melati, 2018)

KUALITAS TES MATEMATIKA SEMESTER GANJIL KELAS VIII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Iza Rona, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy