//

ANALISIS PENYEDIAAN AIR BERSIH DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SISTEM DINAMIK (STUDI KASUS: PDAM TIRTA MOUNTALA ACEH BESAR CABANG SIRON)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT MAWADDA ANNISA - Personal Name

Abstrak/Catatan

PDAM Tirta Mountala Aceh Besar Cabang Siron adalah perusahaan yang mengolah air dari sumber air baku dan mendistribusikan air bersih untuk pelanggan daerah Aceh Besar. Saat ini penyediaan air bersih masih kurang baik, terutama di wilayah pelayanan Water Treatment Plant Siron karena kehilangan air yang cukup tinggi sehingga konsumsi air bersih rendah. Kemudian juga dari sisi supply, dimana air baku yang diolah semakin lama semakin banyak seiring meningkatnya jumlah pelanggan yang membuat demand air bersih meningkat, sementara kapasitas Water Treatment Plant terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengambil skenario kebijakan menekan kebocoran dan perencanaan penyediaan air bersih yang baik dalam jangka panjang sekitar 10 tahun ke depan menggunakan sistem dinamik. Struktur model penyediaan air bersih di wilayah pelayanan Water Treatment Plant Siron PDAM Tirta Mountala Aceh Besar ditampilkan dalam Causal Loop Diagram dan Stock and Flow Diagram. Berdasarkan skenario terbaik, diperoleh solusi dalam penyediaan air bersih yang lebih baik, yaitu dengan menekan tingkat kebocoran menjadi 20%, menetapkan tingkat air baku diolah lebih besar daripada demand sebesar 25%, dan menambah kapasitas Water Treatment Plant sebesar 103.680 M3/bulan (40 liter/detik) sehingga kapasitas total menjadi 466.560 M3/bulan (180 liter/detik), dari hasil simulasi menunjukkan bahwa upaya ini dapat memenuhi penyediaan air bersih menjadi lebih baik hingga tahun 2030.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR DOMINAN DAN STRATEGI PENYEDIAAN AIR BERSIH DI DESA RAWAN AIR BERSIH PADA KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Erwin Ferdinansyah, 2017)

PERANCANGAN RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE PADA POMPA BENAM (STUDI KASUS: PDAM TIRTA MOUNTALA, ACEH BESAR) (Ilham Ramadhan S, 2017)

TIJAUAN KINERJA DAN STRATEGI PELAYANAN AIR BERSIH PDAM TIRTA DAROY KOTA BANDA ACEH (HAIQAL HAKIM RADEN, 2019)

STUDI PEMAKAIAN AIR PADA JARINGAN AIR BERSIH KABUPATEN ACEH BESAR (STUDI KASUS : KECAMATAN PEUKAN BADA) (Erdi Nursyah, 2018)

PROSEDUR AKUNTANSI PENJUALAN AIR BERSIH PADA PDAM TIRTA DAROY KOTA BANDA ACEH (DARMAWAN TRIPOLI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy