//

PEMBUATAN BIODIESEL DARI MINYAK BIJI BINTARO MENGUNAKAN ABU TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS)SEBAGAI KATALIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURIZA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Biodiesel adalah salah satu energi alternatif yang terbentuk dari reaksi transesterifikasi antara minyak nabati dan metanol. Indonesia memiliki keanekaragaman hayati dan hewani yang tinggi, sehingga banyaknya jenis bahan baku biodiesel yang berpotensi untuk dijadikan suplemen bahan bakar motor diesel. Salah satu bahan baku yang dapat digunakan sebagai biodiesel adalah minyak nabati dari biji buah bintaro (Cerbera mangbas L). Modifikasi proses pada biji bintaro meliputi perlakuan awal (pre-treatment) dan proses degumming. Perlakuan awal meliputi mensortir buah, pencucian, pengeringan dan pengepresan. Modifikasi proses degumming berupa penambahan katalis asam fosfat; proses transesterifikasi dengan katalis abu tandan kosong kelapa sawit (TKKS) yang dilanjutkan dengan penambahan metanol. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan karakteristik biodiesel dari minyak biji bintaro terbaik dengan mengetahui pengaruh rasio molar metanol terhadap minyak dan konsentrasi katalis Abu TKKS pada proses transesterifikasi terhadap rendemen dan kualitas biodiesel yang dihasilkan. Di dalamnya mempelajari pengaruh jumlah katalis abu TKKS (1 : 3 : 5 dan 7% dari berat minyak) pada temperatur kalsinasi abu TKKS 600 oC selama 2 jam dan pengaruh mol rasio methanol : minyak bintaro (3:1 ; 6:1 ; 9:1 ; 12:1) dengan temperatur reaksi 60 oC dan waktu reaksi 60 menit. Hasil penelitian menunjukkan sifat fisiko-kimia biodiesel dari biji bintaro berupa bilangan asam, densitas, bilangan penyabunan, viskositas, dan kadar air yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia tentang kualitas biodiesel. Kata kunci : Biodiesel, biji bintaro, katalis abu TTKS, transesterifikasi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBUATAN BIODIESEL DARI MINYAK BIJI BINTARO MENGGUNAKAN ABU TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS) SEBAGAI KATALIS (MELIZA GHARSINA, 2018)

PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI KOMPOSIT KITOSAN-SELULOSA SEBAGAI ADSORBEN ION LOGAM CD(II) (SHABRINA, 2016)

ANALISIS PENGUJIAN NILAI KALOR LIMBAH PADAT KELAPA SAWIT PADA PT.SYAUKATH SEJAHTERA UNTUK BAHAN BAKAR BOILER (Muammar Saputra, 2015)

KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH CAMPURAN BIODIESEL DARI BIJI BINTARO (CERBERA ODOLLAM GAERTN) TERHADAP KINERJA MESIN DIESEL (AULIA RIZKI, 2017)

PENGARUH PENAMBAHAN SELULOSA PADA KOMPOSIT POLIPROPILENA (AJA MUNTAHAR, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy