//

KOMUNIKASI ANTARPRIBADI MAHASISWA PERANTAUAN DALAM PEMBENTUKAN KONSEP DIRI (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PROSES PEMBENTUKAN KONSEP MAHASISWA PERANTAUAN DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Taufiqurrahman - Personal Name

Abstrak/Catatan

Manusia adalah makhluk sosial, ia tak dapat hidup sendirian tanpa kehadiran orang lain, bersama orang lain ia berkomunikasi dan saling bertindak. Setiap individu pasti memiliki konsep diri yang dipengaruhi oleh keluarga, lingkungan sekitar, dan orang-orang serta lingkungan baru. Masyarakat akan melakukan perantauan untuk memenuhi hasrat mereka terhadap ilmu menjadi salah satu hal yang membuat manusia menetap pada lingkungan yang baru, misalnya adalah mahasiswa perantauan di Universitas Syiah Kuala. Kondisi budaya dan bahasa yang baru akan mempengaruhi pembentukan konsep diri mahasiswa perantauan tersebut. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana komunikasi antarpribadi mahasiswa perantauan dalam pembetukan konsep diri di Universitas Syiah Kuala. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif untuk menerjemahkan data-data wawancara dan observasi menjadi sebuah naskah yang ternarasikan secara deskriptif sehingga dapat menggambarkan kondisi sosial. Penelitian menyimpulkan bahwa konsep diri mahasiswa perantauan berbeda-beda sejak awal. Namun, konsep diri mahasiswa akan tetap berkembang melalui proses komunikasi antarpribadi. Semakin efektif komunikasi antarpribadi yang terjadi pada mahasiswa maka semakin positif konsep diri yang terbentuk dan sebaliknya. Hal itu dipengaruhi oleh karakteristik awal dari mahasiswa yang merupakan konsep diri sebelum melakukan perantauan. Kata Kunci : Komunikasi Antarpribadi, Mahasiswa Perantauan, Pembentukan Konsep Diri.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INTERAKSI MAHASISWA PERANTAUAN DENGAN MAHASISWA LOKAL ACEHRN(STUDI DESKRIPTIF PADA MAHASISWA PERANTAUAN DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA, DARUSSALAM, BANDA ACEH) (ZAZULI, 2015)

HUBUNGAN ANTARA POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN PEMBENTUYKAN KONSEP DIRI PADA ANAK (DI SMAN 3 TAKENGON) (idawati, 2014)

HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KEMAMPUAN ADAPTASI KOMUNIKASI MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Amalia Sabrina, 2015)

KETERBUKAAN DIRI DALAM KOMUNIKASI ANTARBUDAYA (STUDI PADA MAHASISWA ASING DENGAN MAHASISWA LOKAL DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (SYARIFAH AQILLAH A, 2018)

GAMBARAN KONSEP DIRI MAHASISWA YANG MENGALAMI OBESITAS DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2014 (Irmanda Nofa, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy