//

EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN API-API (AVICENNIA MARINA) SEBAGAI ANTIBAKTERI DAN PENGAWET ALAMI IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS AFFINIS) MELALUI UJI TOTAL PLATE COUNT (TPC)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ida Sartika - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: ekstrak daun api-api, ikan tongkol, antibakteri, pengawet alami, TPC Penelitian tentang “Efektivitas Ekstrak Daun Api-api (A. marina) Sebagai Antibakteri dan Pengawet Alami Ikan Tongkol (E. affinis) melalui Uji Total Plate Count (TPC)” telah dilaksanakan di Laboratorium Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Syiah Kuala sejak 10 November 2014 s/d 20 Januari 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas ekstrak daun api-api sebagai antibakteri dan pengawet alami untuk memperlama masa penyimpanan ikan. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) nonfaktorial, terdiri dari perlakuan konsentrasi 5%, 10%, 15%, 20% ekstrak, dan kontrol positif (es) serta kontrol negatif (aquades). Data jumlah koloni bakteri dianalisis dengan Anava dan uji Jarak Nyata Terdekat Duncan (JNTD) pada taraf 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan jumlah koloni bakteri pada perlakuan 20% ekstrak (P4) selama masa penyimpanan 12 jam dan 24 jam sebanyak 34 dan 37 koloni. Pengujian fisik ikan paling baik pada pemberian ekstrak 20% selama masa penyimpanan 12 jam dengan penampakan mata bening, kulit tegang, insang merah, daging kenyal dan konsistensi padat. Pengujian organoleptik menunjukkan perlakuan 20% ekstrak yang banyak disukai oleh panelis, karena aroma, rasa, warna dan tekstur ikan masih segar. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan ekstrak daun api-api efektif digunakan sebagai antibakteri dan pengawet alami pada ikan tongkol pada konsentrasi 20%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

JUMLAH CEMARAN MIKROBA DAN NILAI ORGANOLEPTIK IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS AFFINIS) (Ria Apriani, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN IKAN TONGKOL DENGAN PENAMBAHAN RAGI ROTI TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN POPULASI ROTIFERA (BRACHIONUS PLICATILIS) (Erayanti, 2017)

EFEKTIVITAS PEMBERIAN EKSTRAK DAUN SALAM KOJA (MURAYYA KOENIGII L.)SEBAGAI PENGAWET ALAMI IKAN KEMBUNG (RASTRELIGER KANAGURTA) (Liza Khairina, 2015)

PEMANFAATAN CRUDE ENZIM BROMELIN DARI EKSTRAK NANAS (ANANAS COMOSUS L.) UNTUK PEMBUATAN KECAP TONGKOL (EUTHYNNUS AFFINIS) (WISKA MULIDASARI, 2018)

PENGARUH PEMBERIAN IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS AFFINIS) TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN POPULASI ROTIFERA (BRACHIONUS PLICATILIS (Yusmiati, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy