//

HUBUNGAN ANTARA POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN PEMBENTUYKAN KONSEP DIRI PADA ANAK (DI SMAN 3 TAKENGON)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang idawati - Personal Name
SubjectCOUNSELING-EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Pola Komunikasi Orang Tua, Pembentukan Konsep Diri Pada Anak Penelitian ini berkaitan dengan pola komunikasi orang tua terhadap pembentukan konsep diri pada anak. Pola komunikasi orang tua merupakan bentuk perlakuan orang tua dalam rangka memenuhi kebutuhan, perlindungan, rasa aman, bimbingan pendidikan serta arahan kepada anak dalam setiap tahap perkembangannya. Bentuk pola komunikasi orang tua memegang peranan penting dalam setiap perkembangan anak termasuk pada tingkah laku yang ditampilkan oleh anak, mengarah pada konsep diri positif atau pada konsep diri negatif. Pola komunikasi yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pola komunikasi yang diterapkan oleh Diana Baumrind dengan tiga pola komunikasi yaitu : authoritarian, permissive dan authoritative. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola komunikasi orang tua dengan pembentukan konsep diri pada anak SMA Negeri 3 Takengon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah siswa kelas X dan XI SMA Negeri 3 Takengon yang berjumlah 427 siswa. Sampel berjumlah 81 siswa. Pengambilan sampel menggunakan metode random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket yang bersifat tertutup dengan skala 1-5. Data dianalisis dengan analisis korelasi beserta uji t. Hasil penelitian hubungan antara pola komunikasi authoritarian dengan pembentukan konsep diri diperoleh r hitung 0,545, t hitung 5,772 dan t tabel 1,990 (t hitung < t tabel) artinya semakin authoritarian pola komunikasi orang tua maka cenderung meningkat pembentukan konsep diri negatif pada anak. Hasil penelitian hubungan antara pola komunikasi permissive dengan pembentukan konsep diri positif diperoleh r hitung 0,627, t hitung 7,150 dan t tabel 1,990 (t hitung > t tabel) artinya semakin permissive pola komunikasi orang tua maka semakin meningkat konsep diri positif pada anak. Hasil penelitian hubungan antara pola komunikasi authoritative dengan pembentukan konsep diri positif diperoleh r hitung 0,356, t hitung 5,643 dan t tabel 1,990 (t hitung > t tabel) artinya semakin authoritative pola komunikasi orang tua maka maka semakin meningkat konsep diri positif pada anak.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KONSEP DIRI REMAJA DI SMAN 11 BANDA ACEH TAHUN 2012 (MINI HARIANTI, 2014)

HUBUNGAN POLA KOMUNIKASI KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK (Khairani, 2014)

HUBUNGAN PENERIMAAN DIRI DAN POLA ASUH ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK AUTIS (Zakia Zuhra, 2017)

HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KEMAMPUAN ADAPTASI KOMUNIKASI MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Amalia Sabrina, 2015)

POLA KOMUNIKASI PENDIDIKAN SEKSUALITAS ANTARA ORANG TUA DENGAN ANAK DALAM MENGANTISIPASI PELECEHAN SEKSUAL TERHADAP ANAK DI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (Dewi Ratna Sari, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy