//

PENGARUH BIOREPELENT BERBAHAN DASAR BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM L.) TERHADAP INTENSITAS SERANGAN HAMA BELALANG DAN WERENG BATANG COKELAT PADA PADI VARIETAS SIGUPAI DAN INPARI 32 PADA FASE VEGETATIF

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Indra Darmawan - Personal Name
SubjectRICE - FOOD CROP
PEST - AGRICULTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Abstrak. Pengendalian OPT seperti hama belalang dan wereng batang coklat dapat dilakukan dengan menggunakan Bio repellent atau pengendalian hama dengan menggunakan bahan alami. Penggunaan Bio repellent sifatnya tidak membunuh hama tetapi mengusir atau mencegah hama agar tidak menyerang tanaman. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Mei 2018, di kebun percobaan II FP Unsyiah di sektor timur Kopelma Darussalam. Penelitian ini menggunakan rancangan petak terbagi 3x2 dengan 4 ulangan, perlakuan Bio repellent menjadi petak utama sedangkan varietas menjadi anak petak. Perlakuan Bio repellent terdiri dari B0 (tanpa Bio repellent/kontrol), B1 (Bio repellent bawang putih yang diaplikasikan 1 minggu sekali), sedangkan B2 adalah aplikasi insektisida berbahan aktif profenofos sebagai pembanding. Varietas yang diteliti yaitu Sigupai dan Inpari 32. Media tanam berupa tanah 10 kg yang diisi dalam timba plastik hitam berdiameter 30 cm. Pengamatan yang dilakukan terhadap jumlah hama jenis belalang, jumlah hama jenis wereng batang coklat (WBC), jenis hama pada tanaman padi dan persentase tanaman mati.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan Bio repellent berpengaruh terhadap intensitas serangan hama pada fase vegetatif tanaman padi. Varietas tidak berpengaruh terhadap intensitas serangan hama pada fase vegetatif tanaman padi. Tidak terdapat interaksi antara perlakuan Bio repellent dan varietas terhadap intensitas serangan hama pada fase vegetatif tanaman padi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DAYA HAMBAT EKSTRAK BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM) TERHADAP PORPHYROMONAS GINGIVALIS SECARA IN VITRO (Mairisa Sulfani, 2015)

PENGARUH MINYAK ATSIRI BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM L.) TERHADAP MORTALITAS LARVA NYAMUK AEDES AEGYPTI L. INSTAR III (FAISAL SETIAWAN, 2013)

PENGARUH PERASAN BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM) TERHADAP PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (Rona Jumpa Maulana, 2015)

UJI LARVASIDA EKSTRAK ETANOL BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM L) TERHADAP LARVA NYAMUK AEDES AEGYPTI INSTAR III (muhammad al-kahfi, 2015)

UJI KETAHANAN BEBERAPA GALUR POTENSIAL DAN VARIETAS PADI INTRODUKSI TERHADAP SERANGAN WERENG BATANG COKLAT (NILAPARVATA LUGENS STAL.) SECARA INVITRO (Muhammad Syukran, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy