//

ANALISIS BIODEGRADASI PLASTIK BIODEGRADABLE DARI PATI BERAS MERAH (ORYZA NIVARA) DAN KITOSAN MENGGUNAKAN PEMLASTIS REFINED BLEACHED DEODORIZED PALM OIL (RBDPO)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Alfian - Personal Name
SubjectWASTE TECHNOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : pati beras merah, kitosan, RBDPO, plastik biodegradable, FTIR, XRD Telah dilakukan penelitian tentang “Analisis Biodegradasi Plastik Biodegradable dari Pati Beras Merah (Oryza nivara) dan Kitosan Menggunakan Pemlastis Refined Bleached Deodorized Palm Oil (RBDPO)”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur plastik biodegradable dengan FTIR, menganalisis kristalinitas film plastik sebelum dan sesudah terdegradasi oleh mikroba menggunakan X-Ray Difractions (XRD), serta menguji film plastik biodegradasi pati beras merah dan kitosan dengan mikroba dalam tanah kompos. Pati beras merah dibuat dengan cara menghancurkan beras merah dengan blender dan mengendapkannya dalam air selama 24 jam. Pembuatan film plastik dilakukan dengan cara melarutkan pati beras merah, kitosan dan RBDPO dengan larutan asam asetat 2%. Film plastik yang telah kering kemudian dikarakterisasi dengan FTIR, XRD dan diuji biodegradasi dalam media kompos. Hasil karakterisasi gugus fungsi dengan FTIR menunjukkan bahwa gugus-gugus fungsi pati, kitosan dan RBDPO berinteraksi secara fisik dan tidak ada reaksi secara kimia hal ini ditunjukan oleh pergeseran bilangan gelombang setiap film plastik. Karakterisasi kristalinitas dengan XRD menunjukkan bahwa pati beras merah, kitosan dan film plastik CP55 memiliki bentuk semi kristalin, sedangkan hasil XRD film plastik CP55 setelah biodegradasi menghasilkan bentuk kristal dilihat dari difaktogram gelombang yang muncul mengindikasikan bahwa film plastik telah terdegradasi. Hasil analisis biodegradasi dalam kompos dengan kedalaman 10cm untuk film plastik CP73, CP55 dan CP37 selama 20 hari menunjukkan bahwa film plastik yang memiliki komposisi pati paling besar lebih cepat terdegradasi begitu pula sebaliknya film plastik yang memiliki komposisi kitosan paling besar laju degradasinya lebih lambat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa film plastik dari pati beras merah dan kitosan dengan pemlastis RBDPO, berhasil dibuat menjadi film plastik biodegradable berdasarkan karakterisasi gugus fungsi dengan FTIR dan bentuk kristalinitas dengan XRD, sedangkan laju degradasi dalam media kompos sangat dipengaruhi oleh komposisi pati/kitosan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS SIFAT MEKANIK, LIOFOBISITAS DAN TERMAL PLASTIK BIODEGRADABLE DARI PATI BERAS MERAH (ORYZA NIVARA) DAN KITOSAN MENGGUNAKAN PEMLASTIS RBDPO (CUT APRINASARI, 2018)

ANALISIS BIOPLASTIK DARI PATI BERAS HITAM (ORYZA SATIVA L. INDICA) - KITOSAN MENGGUNAKAN PEMLASTIS REFINED BLEACHED DEODORIZED PALM OIL (RBDPO) SEBAGAI BAHAN EDIBLE FILM (Firawansyah, 2019)

PEMBUATAN PLASTIK BIODEGRADABLE DARI KITOSAN, PATI BONGGOL PISANG (MUSA PARADISIACA, L), DAN MINYAK JARAK (CASTOR OIL) (Zuhra, 2017)

PERBAIKAN PENAMPAKAN DAN STABILITAS COKELAT BATANG DENGAN SUBTITUSI RBDPO (REFINED BLEACHED DEODORIZED PALM OIL) (Nurfitri Aprilia, 2014)

: PEMBUATAN PLASTIK BIODEGRADABLE DARI PATI TAPIOKA DAN KITOSAN DENGAN MENGGUNAKAN GLISEROL SEBAGAI PLASTICIZER (Fadlan Hidayat, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy