//

ANALISIS SIFAT KIMIA TANAH SAWAH YANG MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK DAN PUPUK ANORGANIK DI DESA KRUENG LAMKAREUNG KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Azhari - Personal Name
SubjectFERTILIZERS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Azhari 1105101050067. Analisis Sifat Kimia Tanah Sawah yang Menggunakan Pupuk Organik dan Pupuk Anorganik di Desa Krueng Lamkareung Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar. Di bawah bimbingan Nazir sebagai ketua dan Zuraida sebagai anggota RINGKASAN Tanah sawah didefinisikan sebagai tanah yang digunakan untuk bertanam padi sawah yang digenangi, baik terus-menerus sepanjang tahun maupun bergiliran dengan tanaman palawija. Ciri khas tanah sawah antara lain memiliki lapisan oksidasi di bawah permukaan air akibat difusi O2 setebal 0-1 cm, lapisan reduksi setebal 25-30 cm dan diikuti lapisan bajak yang kedap air. Luas lahan sawah di Indonesia sekitar 8.132.345 ha, luas lahan sawah terdegradasi mencapai 4.477.459 ha, dimana seluas 1.777.679 ha mengalami degradasi berat dan sisanya terdegradasi ringan-sedang. Luas lahan sawah Kabupaten Aceh Besar sekitar 19.454 ha dan luas lahan Kecamatan Indrapuri sekitar 2.323 ha. Sawah-sawah tersebut dikelola sebagian besar dengan menggunakan pupuk anorganik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang sifat kimia tanah sawah yang menggunakan pupuk organik dan pupuk anorganik di Desa Krueng Lamkareung Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar dengan menggunakan metode survai deskriptif dan analisis laboratorium. Riwayat penggunaan pupuk pada sawah tersebut diperoleh berdasarkan wawancara langsung dengan petani pada saat observasi lapangan. Sifat-sifat kimia tanah sawah yang diberikan pupuk anorganik menunjukkan kadar pH netral. C-organik, N-total, P-total, K-total, KTK dan K-dd tergolong rendah, Fe tergolong sedang, P-tersedia, Ca-dd, KB tergolong tinggi dan Mg-dd memiliki kriteria sangat tinggi. Sifat-sifat kimia tanah sawah yang yang diberikan pupuk organik menunjukkan pH netral, K-total dan Fe tergolong sangat rendah. C-organik, N-total, P-total, dan K-dd tergolong rendah. P tersedia dan Mg-dd tergolong sedang, KB dan Ca-dd tergolong tinggi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERUBAHAN BEBERAPA SIFAT KIMIA TANAH, PERTUMBUHAN DAN HASIL PADI SAWAHRN (ORYZA SATIVA L.) AKIBAT PEMBERIAN AZOLLA (AZOLLA PINNATA L.) DALAM BENTUK RNPUPUK HIJAU DAN KOMPOS (Elmizan, 2014)

PENGARUH KOMBINASI PUPUK ORGANIK DAN ANORGANIK TERHADAP HASIL KAKAO (THEOBROMA CACAO L.) DI KECAMATAN PADANG TIJI KABUPATEN PIDIE (Dara Maulina, 2013)

APLIKASI PUPUK GUANO DAN MULSA ORGANIK SERTA PENGATURAN JARAK TANAM UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS TANAH DAN HASIL BAWANG MERAH (ALLIUM ASCALONICUM L.) (Mulyono, 2014)

ANALISIS PRODUKSI DAN PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH YANG MENGGUNAKAN PUPUK HAYATI CAIR DI DESA BLANG CUT KECAMATAN SUKA MAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR (syukran, 2017)

PERUBAHAN BEBERAPA SIFAT FISIKA ANDISOL DAN PRODUKSI RUMPUT GAJAH AKIBAT JENIS DAN DOSIS PUPUK ORGANIK DI KECAMATAN PEGASING KABUPATEN ACEH TENGAH (ASKURA NIKMAH, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy