//

PENGARUH LAJU PERTUMBUHAN PENDUDUK TERHADAP PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN PERTANIAN DAN KEHUTANAN DI KOTA LANGSA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SITI RAHMATIKA - Personal Name
SubjectPOPULATION GEOGRAPHY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Siti Rahmatika. 1305108010041. Pengaruh Laju Pertumbuhan Penduduk terhadap Perubahan Penggunaan Lahan Pertanian dan Kehutanan Di Kota Langsa. di bawah bimbingan M. Rusdi sebagai ketua dan Syakur sebagai anggota. RINGKASAN Pertumbuhan penduduk yang pesat akan berpengaruh terhadap peningkatan kebutuhan masyarakat. Diantara kebutuhan tersebut adalah kebutuhan akan fasilitas kehidupan. Untuk memenuhi kebutuhan fasilitas tersebut dilakukan pembangunan, dalam melakukan pembangunan terutama yang bersifat fisik tentu saja akan memerlukan wadah atau ruang (lahan) sebagai tempat melakukan pembangunan, sedangkan jumlah luas lahan yang tersedia terbatas. Dalam penelitian ini laju pertumbuhan penduduk di Kota Langsa sudah dihubungkan dengan perubahan luas lahan pertanian dan kehutanan yang terjadi selama kurun waktu 10 tahun di Kota Langsa. Tujuannya adalah untuk melihat ada tidaknya korelasi hubungan antara kedua variabel tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan cara mencari nilai laju penduduk masing –masing kecamatan di Kota Langsa selama 10 tahun dengan rumus laju penduduk eksponensial, dilanjutkan dengan analisis citra satelit Kota Langsa yang dilakukan dengan proses koreksi geometrik, pendigitasian hingga proses union. Langkah selanjutnya adalah melakukan analisis korelasi dimana bertujuan untuk melihat ada tidaknya hubungan saling berpengaruh akibat laju pertumbuhan penduduk terhadap perubahan lahan pertanian di Kota Langsa. Hasil perhitungan laju pertumbuhan penduduk masing-masing kecamatan di Kota Langsa per tahun dalam jangka waktu 10 tahun yaitu untuk Langsa Timur 2,07%, Langsa Lama 2,54%, Langsa Barat 1,87%, Langsa Baro 2,25%, dan Langsa Kota 0,9%. Selanjutnya terjadi perubahan luas lahan pertanian sebanyak 210,09 ha dalam jangka waktu 10 tahun di Kota Langsa terhitung dari 2007-2016. Hasil perhitungan korelasi didapati nilai 0,568 yang mana menunjukkan korelasi yang cukup, artinya laju pertumbuhan penduduk bukan salah satu faktor terbesar yang menyebabkan perubahan lahan pertanian dan kehutanan di Kota Langsa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGARUH KONSENTRASI PERKOTAAN TERHADAP PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN DI KOTA BANDA ACEH (SHANI IZAZI, 2017)

ANALISIS PREDIKSI KETERSEDIAAN LAHAN SAWAH MENGGUNAKAN METODE FORECASTING DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (ARIF FAISALUDDIN, 2019)

ANALISIS PERUBAHAN TUTUPAN LAHAN DAN KESELARASAN PEMANFAATAN LAHAN BERDASARKAN RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) DI KAWASAN PERI-URBAN KOTA BANDA ACEH (NADYA FAIZAH, 2019)

LAJU PERUBAHAN LUAS LAHAN KELAPA SAWIT SELAMA 10 TAHUN DI KECAMATAN LANGSA LAMA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI SPASIAL (MUHAMMAD HUSYAINI IQBAL, 2018)

ANALISIS ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN DI KABUPATEN ACEH SELATAN (RISKI YUNIANDA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy